Sukses

Kacamata Plus

25 Nov 2016, 22:07 WIB
Pria, 24 tahun.

Siang dok, saya ingin tanya terkait resep kacamata saya yang tertulis sch jauh +0,75. Bukannya lensa positif untuk jarak dekat dok? Dan apakah aman apabila dipakai tiap hari? Ditunggu jawabannya ya dok, thanks

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hipermetropia atau rabun dekat adalah keadaan mata yang tidak berakomodasi memfokuskan bayangan di belakang retina. Pasien dengan hipermetropia mendapat kesukaran untuk melihat dekat akibat sukarnya berakomodasi. Keluhan akan bertambah dengan bertambahnya umur yang diakibatkan melemahnya otot siliar untuk akomodasi dan berkurangnya kekenyalan lensa. Hipermetropia disebabkan oleh genetik atau kelainan mata seperti glaukoma dan ambliopia. Pasien muda dengan hipermetropia tidak akan memberikan keluhan karena matanya masih mampu melakukan akomodasi kuat untuk melihat benda dengan jelas. Pada pasien yang banyak membaca atau mempergunakan matanya, terutama pada usia yang telah lanjut akan memberikan keluhan kelelahan setelah membaca. Keluhan tersebut berupa sakit kepala, mata terasa pedas dan tertekan. Mata dengan hipermetropia akan memerlukan lensa cembung atau konveks untuk mematahkan sinar lebih kuat kedalam mata. Koreksi hipermetropia adalah diberikan koreksi lensa positif maksimal yang memberikan tajam penglihatan normal, baik berupa kacamata atau lensa kontak. Operasi laser dapat dilakukan untuk memperbaiki daya pandang dengan merubah bentuk kornea mata.

Sebaiknya Anda tetap menggunakan kaca mata plus yang Anda miliki dan tentu saja aman bila digunakan setiap hari. Jangan lupa untuk memeriksakan kembali tajam penglihatan Anda, apakah terdapat penambahan atau perubahan plus pada kacamata atau tidak. Jika Anda tidak menggunakan kaca mata, banyak keluhan yang dapat muncul akibat mata lelah dipaksa untuk berakomodasi di luar kemampuannya.

Anda dapat menjaga tajam penglihatan mata Anda dengan asupan nutrisi yang baik, berikut artikel yang terkait dengan hal tersebut "6 Makanan Untuk Mata Sehat" dan "Asupan Untuk Mata Sehat"

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam Mata Sehat! 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar