Sukses

Penanganan Ginjal Bocor

24 Nov 2016, 12:43 WIB
Pria, 25 tahun.

selamat pagi dok, saya mau bertanya, ibu saya sakit ginjal bocor, badan nya bengkak2, HB selalu rendah, sudah berobat kemana2 masih belum ada hasil, kira2 pengobatan yg tepat seperti apa ya dok??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ginjal merupakan sepasang organ di dalam tubuh yang berfungsi di dalam metabolisme racun yang terdapat di dalam darah dan mengeluarkannya via urin. Ginjal sendiri juga berfungsi sebagai absorpsi atau penyerapan beberapa zat dan mineral tertentu dalam tubuh. Kerusakan ginjal dapat berlangsung tiba-tiba (akut) atau berlangsung lama (kronik).

Dalam istilah medis istilah ginjal bocor tidak ada. Apakah yang Anda maksud dengan ginjal bocor adalah sindroma nefrotik atau glomerulus nefrotik akut(GNA)?

Pada sindroma nefrotik, pasien akan mengeluarkan protein dalam jumlah banyak melalui urinnya yang seharusnya tidak terdapat pada urin pada ginjal normal. Penyebabnya adalah kerusakan pada fungsi filtrasi(penyaringan) ginjal akibat adanya peradangan atau pembentukan jaringan hyalin. Protein tubuh akan berkurang dan menyebabkan cairan tubuh keluar dari pembuluh darah. Sedangkan pada GNA, terjadi peradangan ginjal yang mempengaruhi fungsi glomerulus, bagian ginjal yang menyaring darah untuk membuat urin dan menghilangkan limbah. Akibatnya, darah dan protein muncul dalam urin, dan kelebihan cairan menumpuk di dalam tubuh.

Terapi yang dilakukan bisa dengan terapi simptomatis (misalnya menghilangkan gejala bengkak) ataupun terapi untuk kerusakan ginjal. Diperlukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk dapat menentukan pengobatan apa yang terbaik bagi ibu Anda.  

Pola makan juga perlu dijaga. Diet yang perlu dilakukan adalah jangan mengkonsumsi lebih dari 1 gr protein/ per kg (berat badan) dalam per hari biasa pasien akan disuruh mengkonsumsi ikan dan ayam. Hindari konsumsi garam berlebihan (1-2 g perhari), serta hindari makanan dengan garam yang tinggi seperti salami, saus tomat, makanan siap saji, kecap, dressing salad, hingga snack-snack dengan MSG yang tinggi. Ingat untuk selalu melihat label makanan untuk melihat kandungan garam. Berikut ini kami sertakan beberapa artikel terkait untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar