Sukses

Nyeri Telinga Saat Mengunyah

24 Nov 2016, 20:22 WIB
Pria, 18 tahun.

dok saya mau nanya kuping saya kalo menguap dan mengunya sakit yang sebelah kanan knp ya dok...? Terima Kasih. Charles Wibisono

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan saat ini. Nyeri telinga juga dikenal dengan sebutan otalgia, adalah keadaan timbulnya keluhan nyeri pada telinga. Rasa nyeri yang dirasakan tidak selalu disebabkan dari penyakit telinga itu sendiri, tetapi dapat berasal dari tempat atau organ lain yang rasa nyerinya dihantarkan ketelinga (nyeri alih/referred pain). Kadang nyeri disebabkan pada sendi rahang yang diartikan sebagai nyeri telinga. Nyeri pada rahang biasanya dikeluhkan pada saat menguap maupun mengunyah atau membuka rahang.

Penyebab nyeri yang berasal dari telinga

Telinga dapat dibagi menjadi 3 wilayah utama. Ini termasuk telinga luar, telinga tengah dan telinga bagian dalam. Ketiga wilayah ini masing-masing dapat menjadi tempat timbulnya rasa nyeri tersebut.

Nyeri  yang berasal dari telinga luar, termasuk didalamnya daun telinga dan liang telinga, dapat disebabkan oleh gangguan seperti masuknya benda asing (manik-manik, biji-bijian, serangga, tertinggal kapas), mengkorek telinga terlalu keras dengan berbagai benda pengorek telinga, bahkan hanya dengan jari, atau akibat kotoran telinga yang mengeras. Peradangan akibat infeksi karena bakteri, virus dan jamur dapat juga menyebabkan telinga luar menjadi sakit sehingga menimbulkan nyeri.

Nyeri yang berasal dari telinga tengah, biasanya di sebabkan oleh proses peradangan yang disebut dengan otitis media atau disebabkan oleh gangguan pada tuba eustakius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan hidung bagian belakang/ tenggorokan). Gangguan di tuba eustakius ini bisa disebabkan karena proses peradangan atau infeksi, bisa juga akibat perubahan tekanan ditelinga tengah (pada saat naik pesawat dan menyelam).

Keganasan atau kanker pada telinga juga dapat menyebabkan timbulnya nyeri telinga.

Penyebab nyeri yang berasal dari tempat lain (nyeri alih/referred pain)

Telinga dipersyarafi oleh berbagai syaraf, seperti syaraf otak V, IX dan X, yang masing-masing juga mempersyarafi organ-organ lain. Akibatnya apabila timbul sakit pada organ lain yang memiliki syaraf sama dengan syaraf di telinga, maka rasa nyeri di tempat tersebut akan dihantarkan melalui percabangan syaraf tersebut ketelinga (referred pain). Contohnya adalah sakit gigi, sakit tenggorok, sakit amandel (tonsilitis), gangguan pada sendi rahang dan lain-lain.

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter secara langsung. Dokter biasanya akan menanyakan beberapa hal sehubungan dengan keluhan sakit telinga yang timbul. Seperti adanya riwayat sakit batuk, pilek dan demam, riwayat mengorek telinga sebelumnya, riwayat naik pesawat. Sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab telinga nyeri untuk mengetahui cara mengatasi rasa sakit tersebut. 

Telinga akan diperiksa dengan seksama baik menggunakan otoskop atau endoskopi jika perlu. Organ sekitarnya juga akan diperiksa untuk memastikan asal rasa sakit tersebut.

Pengobatan akan diberikan sesuai dengan penyebab. Jika terdapat kotoran yang keras atau benda asing akan dibersihkan. Pada kasus infeksi akan diterapi dengan pemberian antibiotika atau anti jamur. Pada kasus tertentu bahkan dilakukan tindakan pembedahan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar