Sukses

Operasi Celah Bibir dan Gusi

25 Nov 2016, 05:29 WIB
Wanita, 25 tahun.

malam dok, saya mw tanya anak saya yg ke 2 menderita celah bibir dan gusi.kira2 brapa kali operasi utk bs klihtan sempurna?mhon jwbanya.trimakasih!

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Klikdokter

 

Bibir sumbing (cleft lip) adalah kelainan berupa celah pada bibir atas yang didapatkan seseorang sejak lahir. Bila celah berada pada bagian langit-langit rongga mulut (palate), maka kelainan ini disebut cleft palate. Pada cleft palate, celah akan menghubungkan langit-langit rongga mulut dengan rongga hidung.

Ada tiga jenis kelainan cleft, yaitu:

  • Cleft lip tanpa disertai cleft palate
  • Cleft palate tanpa disertai cleft lip
  • Cleft lip disertai dengan cleft palate

Biasanya anak dengan cleft lip and palate akan dirawat oleh tim dokter khusus yang mencakup dokter gigi spesialis bedah mulut, dokter spesialis bedah plastik, ahli terapi bicara, audiologist (ahli pendengaran), dokter spesialis anak, dokter gigi spesialis gigi anak, dokter gigi spesialis orthodonsi, psikolog, dan ahli genetik. Perawatan dapat dilakukan sejak bayi lahir.
Waktu yang tepat untuk melakukan operasi sangat bervariasi, tergantung dari keadaan kasus itu sendiri. Tapi biasanya operasi untuk menutup celah di bibir sudah dapat dilakukan pada saat bayi berusia tiga bulan dan memiliki berat badan yang cukup. Sedangkan operasi untuk menutup celah pada langit-langit rongga mulut dapat dilakukan pada usia kira-kira enam bulan. Kedua operasi tersebut dilakukan dengan bius total.

Saat anak bertambah dewasa, operasi-operasi lain mungkin diperlukan untuk memperbaiki penampilan dari bibir dan hidung serta fungsi dari langit-langit rongga mulut. Jika ada celah pada gusi, biasanya dapat dilakukan bone graft (implant tulang).

Untuk memperbaiki kesulitan dalam berbicara, anak dapat menjalani terapi bicara dengan ahli terapi bicara. Dokter gigi spesialis anak dan orthodontis dapat memberikan perawatan yang berkaitan dengan perawatan gigi-geligi anak dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan agar tidak timbul kelainan-kelainan lain pada rongga mulut.

Karena banyaknya kemungkinan tahapan prosedur yang harus dilewati untuk memperbaiki kondisi gigi dan mulut anak Anda hingga selesai, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah mulut atau ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut  Pendidikan (RSGM-P) yang dimiliki oleh FKG di kota tempat tinggal Anda, misalnya FKG UI di Jakarta dan FKG Unpad di Bandung.

Semoga bermanfaat

salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar