Sukses

Nyeri Ulu Hati Sampai Kembung

24 Nov 2016, 09:45 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat Pagi, Dok.... Kemarin Ibu sy mengeluh nyeri dada bagian tengah sampai belakang, sy bawa ke Puskes, katanya Ibu sy salah makan dan dr Puskes di ksh obat Omeprazole minum 2x20mg, PCT 3x1, Vit. B Complex 3x1. Tp, setelah mnm obat2 nie, perut Ibu sy bengkak, rasanya tdk enak, seperti kembung. Apa itu efek dr Obat? dan therapy apa yg bisa diminum untk menurunkan bengkaknya? Mhn info dan penjelasannya. Makasih, Dok...

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Nyeri ulu hati dan kembung dapat disebabkan karena adanya masalah pada saluran cerna. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Perubahan pola hidup berperan penting dalam penyembuhan penyakit ini. Jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 

Namun jika keluhan menetap dan bertambah berat kami sarankan agar ibu Anda kembali memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar