Sukses

Tumbuh Kembang Anak Kembar

23 Nov 2016, 20:05 WIB
Pria, 9 tahun.

Assalamualaikum, perkenalkan saya adalah seorang ibu dengan anak kembar.Usia anak saya sekarang 9 bulan.Saat lahir salah satu bayi saya si adik mengalami BLBR yaitu 2,2 kg. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan terkait tumbuh kembang mereka saat ini. Si adik pertumbuhan nya tdk sebagus kakak nya.Di usia saat ini bb mereka terpaut hampir 1.5 tentu kakak lbh berat pdhal asupan makan mereka tergolong baik meski kadang moody an. Berat bdan si adik pernah tdk naik dalam satu bulan. Meski begitu mereka sgt aktif dan dari sisi kebisaan si adik lebih cepat dari kakak nya. Misal duduk,merangkak,berdiri. Apakah itu wajar dok?Perlukah saya melakukan check up terkait tumbuh kembang nya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Setiap anak tidak sama sekalipun anak kembar pertumbuhan dan perkembangannya pun pasti akan berbeda. Berapa berat badan masing-masing anak Anda? Apakah anak Andalahir prematur?

Sebelum membicarakan mengenai faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, sebaiknya kita tengok terlebih dahulu definisi dari tumbuh kembang anak. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan dengan masalah perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan (skill) fungsi organ  atau individu. Kedua proses ini terjadi secara sinkron pada setiap individu.

Proses  tumbuh kembang seseorang merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling terkait, yaitu  faktor genetik / keturunan, lingkungan bio-fisiko-psiko-sosial dan perilaku. Pertumbuhan dan perkembangan terutama berkaitan dengan status gizi, keseimbangan cairan serta dipengaruhi oleh pola hidup dan pola lingkungan. Proses ini bersifat individual dan unik sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda dan ciri tersendiri pada setiap anak.

Pada usia 9 bulan, anak Anda seharusnya sudah  dapat melakukan berbagai hal berikut: 

  • Duduk (sikap tripod) sendiri

  • Belajar berdiri, kedua kakinya menyangga sebagian berat badan

  • Merangkak meraih mainan atau mendekati seseorang

  • Memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lainnya

  • Memungut 2 benda, masing-masing tangan memegang 1 benda bersamaan.

  • Memungut benda sebesar kacang dengan cara meraup

  • Bersuara tanpa arti, mamama, bababa, dadada, tatata

  • Mencari mainan / benda yang dijatuhkan

  • Bermain tepuk tangan / cilukba

  • Bergembira dengan melempar benda

  • Makan kue sendiri.

Hallyang terpentinguntuk Anda lakukan ialah terus menstimulasi anakAnda sertamemberikan nutrisi yang adekuat. Takada salahnya untuk melakukan kontrol rutin ke dokter spesialis anak untuk memantau tumbuh kembang anak.

semoga bermanfaaat.

salam

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar