Sukses

Kutil Kelamin Pria dan BAB Berdarah

23 Nov 2016, 11:50 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, saya terkena genital wart dan 1 bulan trearmen susah hilang. sblmnya sy bab 2x keluar darah mengucur. Sdgkan sy tdk ada riwayat ambeien. Apakah itu ciri ciri kanker anus/usus (hpv)? Sy sudah konsul dg dokter spkk tp beliau blg tdk apa2. Mohon penjelasannya dok. Trm ksh

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan akan menjawab pertanyaan Anda satu per satu.

Mengenai Genital Wart atau Kutil Kelamin

Kutil kelamin atau jengger ayam, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah kondiloma akuminata. Ini merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar.

Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan gel, salep atau krim pada kutil tersebut, dengan cryosurgery, dengan laser, bedah kauter atau dengan operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Pengobatan manakah yang sudah Anda jalani? Kami sarankan agar Anda kontrol ulang ke dokter. Apakah dokter Anda sudah memberitahu berbagai alternatif pengobatan ini? Efektivitas pengobatan tergantung pada ukurang dan metode pengobatan yang diambil. Pengobatan dengan gel/salep/krim kemungkinan akan memberikan hasil yang lebih lambat pada ukuran kutil yang lebih besar sehingga bedah merupakan pilihan terbaik untuk kutil jenis ini.

Seperti sudah disampaikan tadi, kutil kelamin merupakan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual. Apabila Anda sudah aktif secraa seksual, pastikan hubungan seksual aman, misalnya dengan menggunakan pelindung seperti kondom, serta tidak berganti-ganti pasangan.

Mengenai BAB berdarah

Buang air besar yang normal seharusnya tidak mengeluarkan darah. Bila mengeluarkan darah, perlu diperhatikan: Sudah berapa lamakah BAB berdarah? Apakah darah keluar setelah selesai buang air besar? Menetes? Berapakah perkiraan banyak darah yang keluar? Ataukah darah keluar bersamaan dengan tinja? Apakah disertai rasa nyeri perut? Adakah rasa nyeri di daerah anus? Apakah mengalami kesulitan buang air besar? Apakah diare?

Pertanyaan-pertanyaan ini perlu dijawab karena buang air besar dengan darah dapat menjadi pertanda dari beberapa jenis penyakit, seperti infeksi (disentri), hemoroid (ambeien), atau kanker kolon.

Pada infeksi (disentri) biasa disertai dengan diare, nyeri perut dan terkadang demam dan darah biasanya keluar bersamaan dengan tinja. Pada hemoroid biasanya darah keluar setelah selesai buang air besar, terdapat kesulitan buang air besar, darah sering kali hanya menetes, dan dapat dijumpai adanya benjolan yang ikut keluar dari anus. Pada kanker kolon, biasanya darah keluar dalam jumlah agak banyak dan disertai rasa nyeri pada saat buang air besar, dapat disertai diare ataupun tinja yang berbentuk kecil-kecil.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara yang mendalam, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti analisis tinja dan pemeriksaan darah. Penegakkan diagnosis secepat mungkin dapat mencegah banyak komplikasi yang tidak diinginkan. Anda juga dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat dan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar