Sukses

Pipi Besar Sebelah Kenapa Ya?

23 Nov 2016, 15:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Halo dok. Saya mau tanya. Sejak kecil pipi sebelah kanan saya besar sebelah kanan. Waktu kecil memang tidak terlihat. Tapi makin besar usia saya, pipi saya jd keliahatan besar sebelah. Saya sudah pernah konsul ke dokter gigi dan tidak ada masalah di gigi (bengkak atau sejenisnya). Untuk benjolan sih saya tidak bisa merasakan mana yg benjol. Tp yg pasti saya tidak merasakan sakit di area yg besar sebelah itu. Cuma jika saya lagi drop atau sakit, pipi itu makin kelihatan bengkak. Ada yg bilanb itu kelenjar getab bening. Ini disebabkan oleh apa ya dok dan saya harus cek k dokter spesialis apa ya. Thanks.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Penyebab pipi besar sebelah bermacam-macam, bisa karena  Anda lebih sering menggunakan salah satu bagian untuk mengunyah. Artinya pipi tersebut membesar karena ototnya membesar akibat lebih sering digunakan. Namun bisa juga disebabkan oleh masalah sendi temporomandibular, yaitu sendi yang menghubungkan tulang rahang dan tulang tengkorak.

Apakah ada salah satu bagian mulut yang lebih dominan digunakan untuk mengunyah? jika ya, cobalah mengunyah secara bergantian. Jika disertai keluhan nyeri, seperti nyeri saat mengunyah atau membuka mulut sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi untuk dilakukan evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut, jika perlu dilakukan pemeriksaan rontgen. Namun jika anda telah melakukan konsultasi dengan dokter gigi dan dikatakan normal, sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu dengan penyakit dalam, lalu setelah itu jika dikatakan normal namun anda tetap terganggu anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter bedah plastik.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar