Sukses

Pusing Setelah Tergores Pertanda Apakah?

23 Nov 2016, 15:50 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter saya inggin bertanya, saya pernah tergores seng setelah saya darah dari luka saya, dan tiba-tiba kepala saya pusing dan berputar semakin lama penglihatan saya gelap dan kemudian badan saya lemas sehingga saya tidak sanggup untuk berdiri atau duduk. Kemudian saya pernah terkna lagi luka gores sedikit dan saya pun mengalami kejadian tersebut lagi. Dan pernah juga kaki saya hanya terkilir tpi saya tiba-tiba pusing dan berputar dan tak lama kemudian saya lemas sehingga saya langsung baring di lantai. Terima kasih sebelumnya dokter.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sebelumnya, izinkan kami memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor yang mengatur keseimbangan pada tubuh manusia:

  1. Organ penglihatan (mata).

  2. Organ keseimbangan (di otak dan di telinga)

  3. Propriosepsi (otot dan saraf)

Bila terdapat gangguan pada salah satu sistem tersebut, maka keseimbangan seseorang akan terganggu. Misalnya bila kita harus berdiri satu kaki dalam keadaan mata tertutup, maka akan lebih sulit dibandingkan saat kedua mata terbuka. Bila organ pengatur keseimbangan di telinga terganggu, akan muncul keluhan seperti vertigo (pusing berputar). Terakhir, propriosepsi adalah sistem yang sangat berperan. Misalnya saat kita berjalan di permukaan yang tidak rata maka otot dan saraf bagian kaki akan merasakan hal tersebut dan memberikan sinyal untuk mengganti titik tumpu tubuh agar tubuh tidak terjatuh di permukaan yang tidak rata tersebut.

Apakah terdapat gejala mual dan muntah yang berat, rasa melihat dunia berputar? Bila Ya, kemungkinan kecelakaan yang terjadi menyebabkan terjadinya vertigo. Hal ini dapat terjadi bila benturan berlangsung di belakang kepala.

Selalulah waspada dan perhatikan, apakah pusing terus selalu sama beratnya atau cenderung berkurang? Bila selalu sama beratnya, sebaiknya waspada dan kembali memeriksakan diri ke dokter. Namun bila intensitas pusing lama kelamaan berkurang, kemungkinan hal tersebut hanya diakibatkan edema/ pembengkakan jaringan otak akibat benturan. Bila ini penyebabnya, maka ada kemungkinan pusing itu akan terus berkurang hingga hilang sama sekali. 

Pusing dan mual yang terjadi bisa diredakan dengan bantuan obat-obatan antiemetik dan analgesik/ anti-vertigo yang sebaiknya Anda peroleh dari resep dokter. Bila keluhan sangat mengganggu kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan secara langsung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar