Sukses

Leher Sakit Sekali

22 Nov 2016, 18:03 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dear Dokter, Suami saya lehernya sakit sejak Jum'at (18 November 2016) lalu. Awalnya malah kaku tidak bisa nengok kanan maupun kiri. Sudah dibantu dengan kompresan air hangat dan pijatan yang tidak terlalu keras. Bantalnya pun sudah diganti menggunakan bantal yang agak keras dan tidak terlalu tinggi mau pun rendah. Saat ini kondisi sudah membaik, sudah bisa menengok walaupun hanya sedikit-sedikit. Tapi masih terasa sakit sampai sekarang dan rasanya tidak nyaman. Apa yang harus saya lakukan lagi ya dok? Adakah penanganan non-medis yang dapat menyembuhkan? Adakah obat herbal yang dapat dibuat sendiri untuk menyembuhkan hal tersebut? Beliau tidak mau saya ajak ke dokter untuk diperiksa. Dari dulu beliau tidak suka minum obat-obatan. Mohon advice-nya ya dok. Terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

 

Terima kasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Pada leher sebelah manakah tepatnya suami Anda merasa nyeri? Leher di sebelah kiri atau kanan? Apakah suami Anda mempunyai gejala nyeri menelan? Terasa terbakar pada leher? Bila ada keluhan rasa terbakar pada leher, kembung, nyeri ketika menelan anda bisa jadi menderita penyakit GERD yaitu asam lambung yang naik ke kerongkongan. 

Nyeri pada leher dapat disebabkan oleh : 

- Leher yang terkilir yang disebabkan oleh penggunaan otot-otot leher yang berlebihan, misalnya oleh posisi leher yang salah selama aktifitas sehari-hari, yang dapat menyebabkan nyeri leher dan ketegangan otot yang kronis, biasanya nyeri semakin dirasakan bila terjadi pergerakan leher yang dapat disertai oleh nyeri kepala, kaku otot, dan keterbatasan pergerakan otot.

- Proses degeneratif dari diskus tulang belakang biasanya disebabkan oleh proses penuaan.

- herniasi diskus tulang belakang : dapat menekan saraf pada tulang belakang yang memicu nyeri pada leher dan kesemutan pada tangan

-beberapa penyakit speerti peradangan sendi pun dapat menyebabkan nyeri pada leher. 

Ada beberapa tindakan yang anda dapat lakukan di rumah seperti : 

- kompres menggunakan kompres panas dan dingin : kompres dingin dapat membantu meredakan proses inflamasi, coba kompres leher dengan air dingin selama 20 menit setap harinya dapat dilakukan berkaliklai dalam sehari, atau mandi dengan air panas, sebab air panas dapat menrelaksasi otot. 

- Beristirahat : coba untuk tiduran bila sudah bekerja yang berat menggunakan leher, namun jangan terlalu lama sebab dapat menambah kekakuan otot

- streching otot-otot leher

Namun bila masih ada keluhan coba konsultasikan suami Anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar