Sukses

Anak Sesak Napas karena Alergi

22 Nov 2016, 20:20 WIB
Wanita, 2 tahun.

Dok,saya mau tanya..anak saya waktu usia 17bln sakit batuk,sampe diopname selama 4hr dgn terapi nebul...diagnosa dr. Waktu itu katanya radang paru karena disertai panas... Setelah itu di usia 21bln smpe kemarin 1mgg yll sering kambuh lagi batuk nya,yg bikin saya sedih,setiap batuk sehari saja seseg nya uda banget... Dan pasti langsung dok,begitu batuk pasti sehari aja langsung seseg nafas perut sampe dada celong... Saya periksakan Dr. Bilang bronchitis(alergi)... La skrg masih bingung alergi apa??????? Kmrn dokter suruh cek test alergi ke Dr.spkk tp kebetulan blm saya lakukan.. Yang jadi pertanyaan saya,,,apa anak saya alergi sufor dok tp tdk ada tnd2 yg lain selain batuk seseg itu??? Awalan nya memang anak saya asi...berhubungan waktu anak saya usia 10bln saya hamil lagi jd terpaksa saya beri sufor(usia13bln mulai lancar sufor) Tp seingat saya,,,setiap kali adek kambuh batuk seseg nya itu Krn hbs makan permen... Apa tes alergi itu benar perlu dilakukan... Mohon info,,,sblmnya saya ucapkan trmksh

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Sesak napas yang ditimbulkan alergi susu sapi diakibatkan oleh batuk dan asma. Si Kecil yang memiliki alergi susu sapi akan mengalami reaksi tersebut jika mengonsumsi susu sapi ataupun produk turunannya, seperti yoghurt, krim, keju, dan lain-lain.

Reaksi alergi timbul ketika sistem imunitas tubuh menganggap suatu zat yang sebenarnya tidak berbahaya, sebagai sesuatu yang membahayakan tubuh. Ketika zat tersebut masuk, sistem kekebalan tubuh akan meluncurkan reaksi inflamasi yang berakibat kepada gejala alergi.

Biasanya gejala muncul dalam hitungan menit hingga jam. Gejala awal umumnya berupa batuk-batuk yang sukar berhenti. Namun, tidak menutup kemungkinan langsung timbul gejala asma di mana Si Kecil mengalami sesak napas dan mengeluarkan bunyi ngik-ngik.

Penanganan Sesak Napas Karena Alergi

Jikalau Si Kecil alergi, selalu siapkan obat-obatan alergi dan asmanya di suatu tempat yang mudah dijangkau, agar mudah ditemukan ketika suatu saat dibutuhkan.

Obat-obatan yang perlu disiapkan antara lain antihistamin – bisa dalam bentuk tetes atau sirop untuk anak yang lebih besar – serta inhaler (obat semprot) untuk penanganan asma alergi yang lebih cepat.

Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki nebulizer (alat penguap) di rumah beserta obatnya. Yang digunakan pada umumnya adalah obat asma cair dan cairan garam fisiologis. Tentunya penggunaan obat tersebut harus berdasarkan dosis yang telah diberikan oleh dokter Si Kecil.

Umumnya, penguapan dapat mengatasi gejala sesak napas dengan lebih cepat. Gejala sesak yang belum membaik dengan obat minum ataupun obat semprot, juga dapat diatasi oleh alat ini.

Saat gejala alergi Si Kecil timbul, hal pertama yang Anda lakukan adalah: jangan panik. Berikan obat semprot untuk dihirup Si Kecil, atau lakukan penguapan untuk anak kecil yang belum dapat menggunakan obat semprot. Anda juga dapat memberikan obat minum antihistamin.

Jika gejala berat atau tidak menghilang dengan dua kali penguapan, segeralah bawa Si Kecil ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar