Sukses

Menyembuhkan Maag Kronis

22 Nov 2016, 09:20 WIB
Pria, 24 tahun.

dok, dulu bulan april saya kena penyakit magh kronis dok dan opnam seminggu setlah itu saya 3 bulan kambuh lagi smpai skrng dok sring mrsakan lemas dan tidak bertenaga sekali telat makan mual dan mutah minum obat sembarangan kadang sering di tolak lambung bagaimana cara nya ya dok agar bisa menjadi normal kembali setiap saya rasakan telat makan perut saya seperti ada luka didalam setiap bergerak terasa nyeri

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Maag, yang dalam bahasa medis seringkali disebuat gastritis, adalah bentuk peradangan lambung yang ditandai dengan rasa penuh di perut, mual, muntah, nyeri ulu hati, kembung bahkan bisa sampai muncul sensasi sesak nafas. Sensasi sesak nafas muncul akibat dekatnya lokasi anatomis lambung dengan diafragma, maupun akibat rasa nyeri yang dirasakan. Adapun gejala detak jantung yang cepat harus dikonfirmasi dengan penghitungan denyut jantung oleh dokter.

Penyakit maag adalah gangguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag itu sebenarnya dapat disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi kuman H.Pylori, stres, sering telat makan dsb. Nah penyebab-penyebab itu dapat menyebabkan ulkus (luka pada lambung) yang dapat menyebabkan gangguan pada dinding lambung yang lama.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah : 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat mengganggu.

Maag seringkali menjadi kronis bila perbaikan gaya hidup diatas tidak dilakukan. Selain minum obat, merubah gaya hidup juga cara penyembuhan yang sangat penting. Kami sarankan bila gejala tidak mereda dengan obat yang sedang diminum, sebaiknya kontrol kembali pada dokter yang memeriksa Anda agar diberikan obat yang lebih cocok.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar