Sukses

Mengatasi GERD Kronis

22 Nov 2016, 16:00 WIB
Pria, 34 tahun.

Halo, dok! menanggapi jawaban dokter sebelumnya tentang diagnosa GERD. saya sudah bolak balik ke dokter sudah 5 x..cuma dikasih obat aja kata nya cuma radang lambung gtu aja jwab nya..hasil usg lambung sblah kanan yg sakit..pdahal obat untuk jangka panjang kan gak baik jd nya bingung

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Untuk menangani GERD, terapi yang utama adalah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Olehkarena itu, penting untuk Anda mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti :

  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil

  • Jangan langsung tidur setelah makan malam

  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya

  • Hindari stres

  • Tidur cukup 8 jam/hari

  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.

Selama gejala dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup maka perlahan-lahan konsumsi obat-obatan dapat dikurangi, namun bila tanpa obat-obatan gejala kurang dapat dikontrol maka sebaiknya tetap diteruskan. Hal ini diperlukan  untuk menetralkan asam lambung karena asam lambung yang terus menerus melukai esofagus (kerongkongan) akan menyebabkan iritasi kronik. Padahal, mukosa esofagus tidak dirancang untuk tahan terhadap asam lambung seperti mukosa lambung. Hal ini yang mungkin menyebabkan perubahan mukosa esofagus Anda sehingga terjadi polip esofagus. Kebanyakan polip bersifat jinak namun ada juga yang bersifat ganas. Hal ini memerlukan pemantauan lebih lanjut terus menerus.

Kami memahami kekhawatiran Anda, kami sarankan Anda terus berkonsultasi dengan dokter Anda dan sebaiknya tidak berganti-ganti dokter karena setiap berganti dokter maka dokter akan memulai pengobatan dari awal lagi. Anda juga perlu melakukan perubahan pola hidup sehat untuk mengontrol penyakit GERD Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar