Sukses

Berhubungan Seksual Setelah 40 Hari Pasca Melahirkan

21 Nov 2016, 06:55 WIB
Wanita, 46 tahun.

Dok saya mau tanya baru baru ini saya baru melahirkan,normal.tetapi sudah hampir 40 hari saya masih merasakan nyeri bekas jahitan di sekitar anus saya.sudah begitu suami saya selalu meminta berhubungan badan setelah 40 hari tp juga masih keluar darah dikitdikit dok,terus masih merasakan nyeri di sekitar anus.tp waktu sy kontrol bidan bilang rahim saya sudah kembali normal.pertanyaan saya apakah boleh berhubungan badan setelah 40hari tetapi darah kotor masih keluar dan sy masih merasakan nyeri di sekitar anus?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Walaupun pada sebagian besar wanita nifas berhenti pada sekitar 40 hari setelah melahirkan, pada beberapa wanita masa nifas ini dapat saja lebih pendek atau lebih panjang tergantung pada keadaan rahim, proses melahirkan, dan porses penyembuhan. Adapun nyeri pada bekas jahitan apapun dimanapun terkadang dapat menyisakan rasa nyeri sedikit dalam jangka waktu yang lama. 

Kami tidak menganjurkan anda melakukan hubungan seksual jika masih keluar darah haid karena ada risiko infeksi. Namun demikian, anda dapat melakukan hubungan seksual dengan cara lain seperti dengan oral sex misalnya. 

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan USG untuk mengetahui penyebab masih keluarnya darah kotor pada anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar