Sukses

Belum Menstruasi 5 Bulan Setelah Melahirkan, Normalkah?

21 Nov 2016, 06:17 WIB
Wanita, 22 tahun.

jadi begini dok, saya baru sudah melahirkan anak pertama bulan 5 kemaren, terus saya mens selama 40 hari lebih tp saya lupa kpn terakhir saya mens, perkiraan agustus kalo gak salah nah sampai sekarang saya blm mens2 lg, menurut dokter apakah saya hamil lagi?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya keluarnya darah dari kemaluan setelah melahirkan bukan merupakan menstruasi. Itu disebut masa nifas, yaitu masa pemulihan rahim. Setelah masa nifas, jika wanita menyusui secara eksklusif, secara alami wanita akan tidak mengalami haid selama paling lambat 6 bulan. Ini merupakan salah satu metode KB alami pada wanita menyusui. Jika anda sudah menstruasi kembali, ini berarti kesuburan anda sudah kembali lagi sehingga anda dapat hamil kembali. Untuk itu gunakanlah KB jika anda tidak ingin hamil terlalu cepat. Pilih jenis KB seperti minipil atau pemasangan spiral agar tidak mengganggu produksi ASI anda. 

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar