Sukses

Kenali Gejala Bells Palsy

21 Nov 2016, 06:24 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok .. mau nanya Tiba2 bibir saya kalo ngucapin huruf P sama B kaya miring gitu ga simetris. Bibir sudut bawah sebelah kanan kaya turun trus gede sebelah.telinga bawah belakang juga sakit . Itu sakit apa ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dari keluhan yang anda sampaikan, kemungkinan itu merupakan gejala bells palsy. Bell's palsy adalah kelumpuhan waraf wajah ke 7 perifer yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, di antaranya karena infeksi virus. Gejalanya adalah bibir menjadi mencong (miring) sebelah dan dapat disertai kekakuan nyeri pada sebelah daerah wajah dan telinga.

Pengobatan harus disesuaikan dengan penyebabnya, bells palsy biasanya diberikan obat anti virus dan obat yang dapat mengurangi reaksi inflamasi, yaitu obat golongan steroid. Namun seringkali tanpa pengobatan apapun akan sembuh dengan sendirinya.  Berdasarkan Journal of Neurology Neurosurgry and Psychiatry, prognosis kesembuhan dari bells palsy sangat baik, hanya 16% diantaranya yang gejalanya tidak kembali seperti semula. Terapi yang dilakukan suportif seperti fisioterapi dan terapi yang dapat mengurangi gejala yang ada. 

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar