Sukses

Penyebab Kerutan Disekitar Puting Payudara

20 Nov 2016, 21:01 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok kq di sekitar puting payudara saya ada kerutan gtu yaa?tp tidak ada rasa nyeri ato benjolan gtu..kira" knp ya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya, kerutan disekitar puting payudara dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pertama anda harus memastikan terlebih dahulu kapan kerutan itu muncul, apa memang sudah ada sejak lama atau baru saja muncul. Kedua anda perlu membandingkan dengan puting payudara disebalahnya. Apakah pada puting disebelahnya juga memiliki hal serupa? Jika kerutan tersebut simetris, bisa saja itu merupakan variasi normal payudara anda. Jika tidak maka anda perlu memikirkan penyebab lain mulai dari penyebab ringan seperti masalah kulit karena alergi, kulit kering, infeksi jamur, atau bekas lecet akibat penggunaan payudara yg tidak tepat. Rabalah payudara anda untuk menemukan ada tidaknya benjolan karena kerutan disekitar puting bisa disebabkan karena adanya suatu benjolan dipayudara. 

Kami menyarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara mendalam, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang jika diperlukan untuk menegakkan diagnosis. Setelah diagnosis ditegakkan, barulah dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar