Sukses

Bercak Putih di Muka, Kenapa Yaa?

20 Nov 2016, 15:08 WIB
Wanita, 18 tahun.

Hai dok, aku baru 17 taun. Dan sekarang SMA kelas 11. Semenjak kelas 9 SMP, dimuka aku timbul kaya bercak putih gitu, kata mamah aku, itu balas bogo gara gara kalau panas suka cuci muka, tapi aku gapernah cuci muka kalau abis panas2xan. Trs kata apoteker balas bogo itu panu dimuka. Tapi aku ngerasa engga, karna ga gatel atau ada gejala panu. Dan kulit aku ini super kering, kalau pake sabun muka suka, si kulit makin banyak bercaknya. Kata ibu salon kecantikan, kulit aku kepapar panas jadi timbul yg gitu. Sebenernya itu kenapa ya dok :'( tolongin aku, akukan lagi masa masa puber, jadi ga pede :'( kira kira itu kenapa dan obatnya apa:'(

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Saya mengerti kekhawatiran anda. Sebelumnya saya mohon maaf karena keluhan pada kulit idealnya diperiksa langsung oleh dokter sebab gejala pada kulit biasanya tidak dapat dijabarkan dengan perkataan. Namun saya akan coba menjawab mengenai keluhan Anda.

Untuk mengatasi kulit kering, pertama sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit sesuai untuk jenis kulit kering. Anda sebaiknya juga menggunakan pelembab muka dan memperbanyak konsumsi cairan untuk mengatasi kulit kering. Sekadar info, kebutuhan cairan wanita sekitar 2.3L per hari.

Jika bercak putih muncul setelah menggunakan sabun pencuci muka, sebaiknya penggunaannya dihentikan. Selain itu, sebaiknya menggunakan pelindung setiap kali keluar rumah. Pelindung bisa berupa sun-block ataupun topi, sehingga terhindar dari paparan sinar matahari.

Penyebab dari bercak sendiri bisa beberapa hal, seperti vitiligo (gangguan pigmentasi kulit), pitiriasis (panu), penyakit kusta, dll. Untuk penanganan terbaik anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar