Sukses

Hasil Periksa Pap Smear

21 Nov 2016, 20:38 WIB
Wanita, 36 tahun.

hllo dkter sy mw tnya umur 19thn rncana prnikahan thn dpan sy test papsmear hsilnya: epitel ckup,sel superfisial sdang,sel intermediate banyak, sel indoserviks sdikit.interpresiasi: ASC-US back: reactive celluler change associated with inflamation, sarannya gmn y dok?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Pemeriksaan yang anda lakukan cukup spesialistik. Apakah anda sudah membawa hasil pemeriksaan tsb dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan?

ASC-US disbut juga dengan atypical squamous cells of undetermined significance. Pada kondisi ini bisa saja sel-sel di daerah leher rahim reaktif karena radang atau bisa juga ada perubahan sel yang mengarah ke displasia ringan (perubahan sifat sel menjadi tidak normal dan dapat mengarah ke keganasan) atau infeksi virus HPV tapi gambarannya belum jelas. Sebenarnya belum tentu ada apa-apa. Saran sementara adalah untuk follow up dan ulang pap smear 3 atau 6 bln lagi. Atau, dapat juga dilakukan pemeriksaan HPV DNA jika faktor risiko tinggi.

HPV sendiri merupakan suatu virus yang menyebabkan beberapa penyakit pada manusia, seperti kutil kelamin dan kanker (umumnya pada leher rahim). Semua orang yang sudah aktif berhubungan seksual memiliki resiko terinfeksi HPV. Resiko ini bertambah besar jika pasangan lebih dari satu. Saat ini sudah tersedia  vaksin untuk mencegah penyakit karena infeksi virus HPV.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar