Sukses

Telinga Nyeri dan Berair Sejak 6 Bulan

19 Nov 2016, 09:39 WIB
Wanita, 30 tahun.

Sore dok saya mau tanya, saya punya masalah ditelinga yaitu sakit dibagian dalam telinga disertai berair. Awal penyebabnya adalah saya sering mengorek telinga saya karna merasa ada sesuatu yang bunyi ditelinga saya ketika saya tekuk kepala saya kekiri dan kekanan. Sudah saya coba berobat ke dokter THT tapi sampai sekarang belum sembuh juga. Jenis obat apa yang bisa saya pakai untuk penyembuhan telinga saya. Rasa sakit dan gatal sudah lebih 6 bulan saya rasakan dok. Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Adakah gejala lain seperti, demam atau pendengaran berkurang?

Keluarnya cairan dari dalam telinga baik berupa darah, nanah, serumen (kotoran telinga), ataupun cairan jernih lainnya dalam dunia kedokteran dikenal sebagai otorrhea. Pada umumnya, cairan yang sering keluar dari telinga adalah serumen (kotoran telinga), namun keluarnya cairan lain seperti darah atau nanah dari telinga dapat terjadi akibat adanya iritasi atau infeksi di dalam telinga. Keluarnya cairan dari telinga akibat adanya iritasi atau infeksi dalam telinga biasanya akan diawali dengan gejala demam tinggi atau rasa tidak nyaman selama beberapa hari karena kupingnya yang terasa sakit. Disamping itu, pecahnya gendang telinga akan menimbulkan keluhan berupa keluarnya cairan berwarna kuning keputihan dengan sedikit darah dari telinga. Pecahnya gendang telinga tentunya harus diperiksa secara langsung.

Sementara nyeri pada telinga utamanya disebabkan oleh adanya peradangan di dalam telinga, misalnya pada keadaan infeksi, atau terjadinya perlukaan di dalam telinga. Bila Anda telah berobat ke dokter secara langsung dan dinyatakan infeksi, obat apakah yang sudah Anda peroleh? Sudahkah Anda mengonsumsi obat tersebut dengan teratur dan tepat?

Maish terdapat berbagai macam kemungkinan penyakit yang terjadi di dalam telinga Anda, meskipun melihat penyakit yang sudah berjalan sejak 6 bulan, kemungkinan terjadi peradangan telinga di bagian tengah yang bersifat kronik. Kami menyarankan agar anda kembali kontrol kepada dokter THT anda untuk mengonfirmasi penyakit apa yang sebenarnya terjadi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, smeoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar