Sukses

Amankah Berhubungan atau Berciuman Dengan Mantan Penderita TBC

19 Nov 2016, 08:23 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok mau tanya, Apakah saya aman berciuman/berhubungan dengan mantan penderita TBC ? Apakah mantan penderita TBC bisa kembali menjalani aktifitas2 berat lagi layaknya belum terjangkit penyakit tersebut ? Terimakasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Tuberkulosis (TBC) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer. TBC ditularkan melalu droplet/udara. Gejala yang timbul pada penderita TBC paru dapat berupa batuk-batuk yang produktif > 3 minggu, batuk berdarah, sesak nafas, nyeri dada, lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, berkeringat pada malam hari, demam yang tidak tinggi dan lain sebagainya.

Pengobatannya dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika pengobatan ini telah tuntas dilaksanakan dengan baik, disertai kontrol ke dokter yang akan menyatakan bahwa si penderita benar-benar sembuh (salah satunya lewat rontgen paru), maka tidak ada masalah untuk berhubungan maupun berciuman dengan mantan penderita TBC. Kecuali bila pengobatan tidak tuntas dilakukan dan masih ada gejala TBC (misalnya masih batuk berdarah), berkontak dekat dan dalam waktu lama akan berisiko menularkan TBC.

Mengenai melakukan aktivitas berat kembali, tentunya masih bisa dilakukan oleh mantan penderita TBC terutama yang tidak memiliki kelainan paru yang tersisa dari TBC. Bila tidak ada kerusakan paru permanen yang terjadi akibat pasca menderita TBC (diketahui dengan rontgen paru), maka mantan penderita TBC tersebut sehat layaknya orang normal. Mengonsumsi makanan bergizi untuk memperoleh berat badan ideal dan olahraga dapat meningkatkan stamina mantan penderita TBC.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar