Sukses

Tanda Hamil Setelah Bayi Tabung

19 Nov 2016, 01:56 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat malam dok Dok pada hari senin tgl 14/11/2016 saya melakukan inseminasi,kata dokter sel sperma dan sel telur nya bagus,,kemungkinan berhasil inseminasi nya.cuman setelah pasca inseminasi 5 hari lalu saya tdk merasakan gejala apapun,sperti gejala tanda2 kehamilan.yg saya mau tanyakan apakah kalau org hamil selalu ada gejala sperti itu??mengingat yg saya rasakan hanya datar2 aja layak nya org normal

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai program inseminasi buatan/bayi tabung. Inseminasi buatan adalah proses peletakkan sperma ke saluran reproduksi wanita dengan menggunakan cara buatan. Proses yang dijalani dimulai dengan meletakkan sperma segar atau sperma yang telah dibekukan (sperma normal baik bentuk maupun pergerakannya) ke dalam serviks (leher rahim) atau yang disebut dengan Intracervical Insemination (ICI)) atau  di dalam rahim wanita  atau disebut Intrauterine Insemination (IUI). Angka keberhasilan inseminasi buatan ini tergantung pada beberapa hal, yaitu :

  • Usia wanita

  • Kualitas sel telur

  • Kualitas sel sperma

  • Ada atau tidaknya endometriosis yang parah

  • Adanya kerusakan saluran tuba

Untuk melakukan program inseminasi buatan maka diperlukan beberapa persyaratan seperti: harus dilakukan oleh pasangan menikah yang sah yang telah menikah 1 tahun lebih. Pada pasangan suami istri akan dilakukan pemeriksaan kesuburan menyangkut kondisi sel telur, sel sperma dan juga saluran reproduksi wanita. Jika semua berjalan dengan baik maka tidak ada dampak buruk yang dapat dialami oleh wanita.

Mengenai usia calon ibu yang ingin mengikuti program bayi tabung, statistik menunjukkan angka keberhasilan berdasarkan usia calon ibu adalah :

  • Usia di bawah 30 tahun sekitar 45%.

  • Usia di atas 30 tahun sekitar 25-30%.

  • Usia 40–45 tahun sekitar 10%.

Jika inseminasi buatan telah berhasil maka akan segera terlihat tanda-tanda kehamilan dalam beberapa minggu, diantaranya hormon hCG akan positif dalam waktu kurang lebih 2 minggu setelah terjadi pembuahan. Hormon hCG ini dapat terdeteksi melalui test pack yang sensitif. Untuk lebih yakinnya, anda dapat memeriksakan hormon hCG di urin anda melalui pemeriksaan laboratorium. Gejala-gejala awal kehamilan seperti telat datang bulan, mudah lelah, mual, gangguan emosi, baru mulai terlihat pada minggu ketiga dan cenderung bervariasi dari satu individu ke individu lainnya, sehingga tidak mutlak terjadi pada setiap wanita.

Apabila sudah mencoba program inseminasi buatan, namun belum juga dikaruniai anak. Kami menyarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan mengenai program ini. Pasangan yang melakukan inseminasi memiliki kemungkinan berhasil sekitar 5-20% setiap siklusnya. Persentase keberhasilan dapat ditingkatkan apabila dikombinasikan dengan terapi hormonal sebelumnya. Inseminasi buatan ini memang tidak selalu berhasil untuk setiap pasangan. Beberapa pasangan mungkin membutuhkan beberapa kali mencoba baru terjadi kehamilan. Umumnya inseminasi buatan dilakukan sebanyak 3 kali sebelum terjadinya kehamilan atau beralih ke terapi lainnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar