Sukses

Cara Mengetahui Alergi Apa

17 Nov 2016, 18:55 WIB
Wanita, 1 tahun.

Sore dok ... Saya mau tanya, anak saya dari awal lahir sudah didiagnosa dokter alergi, saya sudah pakai susu hyppo alregenic tapi teta saja anak saya masih merah2, padahal sprtu makanan yg harus dia pantang saya gak pernah kasih, kira2 selain dari makanan dari apa ya dok terimakasih

 

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda. Sebelumnya, izinkan kami sedikit menjelaskan mengenai alergi. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Gejala alergi dapat bermacam-macam mulai dari keluhan kulit(gatal, urtikaria, angioedema,dll), keluhan pernapasan(sesak, asma, dll), hingga gejala anafilaktik yang lebih serius hingga mengncam jiwa.

Gelaja yang ditimbulkan oleh alergi makanan pada anak biasanya tidak terjadi saat terpapar makanan tersebut pertama kali, gejala muncul biasanya setelah paparan ulang terhadap makanan tersebut. Gejala yang muncul dapat terlihat pada kulit (ruam atau bintik merah di kulit, gatal-gatal) atau di saluran pernafasan seperti batuk atau sesak nafas. Jika keadaan semakin serius akan muncul gejala seperti kesulitan bernapas, pembengkakan bibir dan sekitarnya, napas tersengal-sengal, serta keluarnya air liur dalam jumlah cukup banyak (pertanda saluran udara membengkak dan aliran udara napas terganggu).

Untuk dapat memastikan apakah anak Anda mengalami gangguan alergi dibutuhkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh oleh dokter dan pemeriksaan penunjang seperti tes alergi. 

Tes alergi adalah tes yang digunakan untuk mencari substansi atau zat yang menyebabkan alergi. Tes ini berguna untuk mencari penyebab alergi apabila anak Anda memiliki alergi dan tidak mengetahui apa penyebabnya. Pemeriksaan alergi untuk menentukan alergen (faktor lingkungan yang berperan memicu reaksi alergi) penyebab, antara lain:

  • Tes Tusuk Kulit / Skin Prick / Puncture Testing, dilakukan dengan meletakkan bahan-bahan alami alergen di permukaan kulit
  • Tes Tempel / Patch Test, dilakukan dengan meletakkan bahan-bahan kimia dalam suatu tempat khusus lalu menempelkannya pada kulit punggung
  • RAST / Radioallergosorbent Test, merupakan pemeriksaan darah yang akurat untuk mengukur kadar IgE spesifik dalam darah

Apabila sudah diketahui penyebab reaksi alergi yang timbul pada anak Anda, sebaiknya terapkan tindakan eliminasi provokasi, yaitu dengan menghindarkan atau menghilangkan faktor pencetus/provokasi yang dapat memicu alergi.sehingga alergi tidak akan kambuh lagi karena faktor-faktor yang dapat menimbulkan alergi dihindari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar