Sukses

Bisul Yang Ada Di Dekat Dubur

17 Nov 2016, 12:01 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok tanya, 1 minggu ini saya mengalami nyeri dan sakit si dekat dubur, rasanya seperti ada bisul, awalnya saya kira ambeien.mohon penjelasannya

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Bisul yang terjadi berulang kali kambuh kembali, yang berarti bahwa faktor pencetus bisul tersebut belum dihilangkan dan bisul yang Anda miliki belum ditatalaksana sampai tuntas.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga kebersihan daerah tersebut:

  • Bersihkan daerah bokong dan selangkangan setiap hari dan kemudian dikeringkan dengan kain. Pakai celana dalam setelah area selangkangan kering
  • Pastikan daerah bokong dan selakangan selalu berada dalam keadaan kering
  • Ganti celana dalam setiap hari
  • Jangan menggunakan handuk bersama-sama dengan orang lain. Gunakan handuk bersih, cuci handuk sesering mungkin.
  • Jangan menggunakan celana atau celana dalam yang terlalu ketat
  • Segera mandi setelah melakukan aktifitas fisik dan membuat Anda banyak berkeringat.

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik, karena sejatinya diagnosa kelainan kulit hanya dapat dipastikan melalui rangkaian pemeriksaan secara langsung. Berdasarkan fakta tersebut, kami sarankan Anda untuk kembali konsultasi dengan Dokter yang merawat Anda sehingga kondisi Anda dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar