Sukses

Jerawat Kecil-Kecil DI Bibir Atas Dan Bawah

15 Nov 2016, 00:42 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat Malam Dokter, di bibir bagian atas & bawah saya (bagian luar) ada jerawat kecil-kecil seperti melenting & apabila di pecahkan keluar putih-putih seperti komedo/ jerawat. apa itu karena efek dari merokok ya ? Karena saya dulu perokok aktif. dan bagaimana cara menghilangkannya ya dok ? Terima Kasih

Halo Tama,

Kami memahami keluhan yang anda alami. Kelainan kulit berupa jerawat kecil-kecil pada bibir yang anda alami dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan misalkan alergi dengan kosmetik, dan lain-lain. Selain itu bisa juga merupakan suatu gejala dari berbagai macam penyakit lain, misalnya :

  • Fordyce spots
  • Herpes Simplex
  • Milia
  • Kanker mulut
  • Jamur pada mulut

Gejala yang timbul pada bibir anda juga dapat disebabkan karena kebiasaan merokok. Untuk memastikan jenis kelainan kulit yang terjadi di bibir anda maka lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter gigi spesialis Penyakit Mulut (SpPM) apabila keluhan anda tidak hilang lebih dari 2 minggu agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal. Usahakan jangan memencet atau mengelopek jerawat-jerawat tersebut karena dapat menyebabkan iritasi dan menambah resiko infeksi. Gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF(Sun Protecting Factor) dan coba berkumur dengan larutan air garam hangat dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dicampur dengan setengah gelas air hangat, untuk meredakan iritasi sementara menunggu jadwal anda ke dokter gigi.

Semoga jawaban kami dapat membantu Anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar