Sukses

Tentang Hb dan Kenaikannya

15 Nov 2016, 10:47 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok apa mungkin HB bisa meningkat dari 5,9 ke 10,4 dalam waktu 5 hari saja tanpa transfusi darah??? Mohon penjelasannya dok.

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

 

Kadar hemoglobin (Hb) untuk setiap negara bahkan untuk setiap laboratorium sering terdapat perbedaan. Kadar 13-16 g/dl untuk laki-laki dewasa merupakan kadar yang paling umum digunakan di Indonesia. Kadar hemoglobin dapat meningkat pada beberapa kejadian, yaitu:

1.     Orang yang tinggal di daerah 2 km lebih tinggi dari permukaan laut memiliki Hb lebih tinggi dari pada orang yang tinggal di daerah yang setinggi permukaan laut. Walaupun hal ini  juga bervariasi untuk tiap individu

2.     Kerja fisik yang berat

3.     Perubahan posisi dapat menyebabkan kada Hb meningkat sementara. Misal, pada posisi berdiri, kadar Hb lebih tinggi dari pada berbaring

4.     Variasi kadar hemoglobin harian juga terjadi, peneliti mengatakan bahwa pada pagi hari seseorang memiliki kadar Hb tertinggi dan pada sore hari memiliki kadar Hb terendah.

Untuk mecegah agar tidak kekurangan kadar hemoglobin dan mengalami anemia, maka salah satu yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan seimbang. Beberapa bahan makanan sumber bahan pembentuk hemoglobin (Fe) adalah:  hati, unggas, ikan, daging, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang, buah kering.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar