Sukses

Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang Pasca Dipukul

14 Nov 2016, 14:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Pagi dok, saya sudah 3 hari ini merasa sakit kepala bagian belakang sampai kedepan dan beberapa kali sakit seperti ditusuk beberapa detik. Seminggu sebelumnya saya pernah di pukul orang dibagian belakang dan depan kepala.. Apakah itu ada hubungannya dok? Langkah apa yg haus saya lakukan selanjutnya? Saya sudah minum obat pereda nyeri tapi tak kunjung reda.. Sakit kepalanya konstan dari pagi sampai malam.. Mohon pencerahannya dok, trims

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan sakit kepala berbagai macam tipe dan penyebabnya. 

Bila Anda mengalami keluhan-keluhan sakit kepala seperti tertindih benda berat dan melibatkan otot-otot leher maka kemungkinan Anda mengalami TTH (Tension Type Headache/Sakit Kepala Tipe Tension). Sakit kepala tipe ini seringkali disertai dengan adanya rasa sakit/kaku di bagian leher, yang dapat juga menjalar hingga ke punggung, mata atau otot-otot lainnya di tubuh. Kemungkinan hal ini yang terkait dengan keluhan Anda.

Beberapa faktor dapat menjadi pemicu timbulnya TTH, antara lain :

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • dll

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan, seperti paracetamol atau asam mefenamat yang dijual bebas. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH pada diri Anda. Jika sebelumnya Anda mempunyai riwayat trauma fisik di daerah kepala bisa saja hal tersebut berkaitan dengan keluhan Anda. 

Dengan menghindari faktor pencetus TTH, diharapkan dapat membantu Anda dalam mengatasi rasa nyeri dan membantu Anda untuk menghindari kejadian berulangnya keluhan yang Anda rasakan. Namun ini hanya dugaan sementara saja, jika keluhan semakin menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti CT Scan di daerah kepala.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar