Sukses

Jadwal Imunisasi Campak dan Cara Menambah Berat Badan Anak

15 Nov 2016, 11:38 WIB
Wanita, 2 tahun.

Assalammu'alaikum.wr.wb.selamat pagi dok.sy mau bertanya.anak sy umur 2thun 7 hri.apakah perlu suntik campak ulang? Dan apakah anak sy termasuk kategori gizi buruk?tetapi anak sy doyan sekali makan dan ngemil tp bb nya ga naik" apa jg termasuk cacingan?anak sy sngt aktif dan bicaranya pun pintar sekali.bagaimana solusinya supaya anak sy tambah berat badannya..terima kasih wassalammu'alaikum wr.wb

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Untuk vaksin campak sendiri, dosis pertama diberikan pada usia 9 bulan, dilanjutkan vaksin kedua (imunisasi lanjutan) pada usia 24 bulan. Vaksin kedua ini tidak perlu diberikan apabila pada usia 15 bulan Si Kecil telah mendapatkan vaksin MMR. Bagaimana dengan anak Ibu, apakah ia sudah mendapatkan vaksinasi MMR?

Untuk mengetahui status gizi anak, diperlukan data- data berupa jenis kelamin, usia, tinggi badan, dan berat badan. Dari situlah dapat diketahui apakah anak tersebut memiliki status gizi yang baik, kurang, atau buruk. Umumnya, bila ibu melakukan kontrol rutin di dokter atau posyandu, anak Ibu akan di tuliskan berat badan dan tinggi badannya di kurva pertumbuhan. Pada kurva tersebut dapat diketahui pula status gizinya.

Masalah gizi anak memang selalu menjadi topik utama bagi orangtua. Apabila anaknya tampak kurus, kekhawatiran orangtua terjadi, akankah anak mereka dapat memiliki tumbuh kembang yang sesuai atau tidak. Apabila Anda dan pasangan termasuk kurus, ada kemungkinan anak Anda mengikuti jejak Anda. Pada beberapa anak memang terlihat kurus, karena memiliki kecenderungan genetik untuk menjadi kurus. Namun, apabila setelah diperhatikan berat badannya yang menurun drastis, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut ke dokter. Penurunan berat badan dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit yang mendasari.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat. Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang sehat yang dapat diberikan kepada anak Anda:

·         Susu: Susu, keju, yogurt, es krim, krim sup, puding

·         Protein: Telur, selai kacang, sup kacang, kacang-kacangan

·         Karbohidrat: Roti, makaroni dan keju, pasta, roti, pancake, kentang tumbuk, sereal 

Jika anak Anda adalah pemilih makanan dan menolak untuk menambah makanan baru dalam makannya, dapat dicoba juga dengan menggunakan suplemen makanan cair berkalori tinggi sesuai rekomendasi dokter. Namun harus dipastikan bahwa jumlah konsumsi susu, suplemen makanan cair, dan jus yang anak Anda makan jangan sampai membuatnya kenyang sehingga melupakan menu makan utamanya. Cobalah untuk membatasi jus untuk tidak lebih dari satu cangkir sehari dan susu tidak lebih dari dua cangkir sehari.

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari. Seluruh dokter spesialis anak memiliki kompetensi yang sama untuk mengevaluasi kondisi buah hati Anda dan memberikan penanganan yang terbaik.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar