Sukses

Tes HIV apakah berisiko?

14 Nov 2016, 01:50 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya sebentar lagi akan melakukan tes Hiv,karena sudah hampir 6 bulan dari hari dimana saya melakukan tindakan beresiko(hubungan sex dengan psk tapi dengan kondom).Tapi saya membaca sebuah artikel juga berasal dari situs alodokter iyang berkata bahwa Hiv dapat menular saat melakukan Tes Hiv.Apakah ini benar dok ? ini kata-katanya"Bila memang petugas kesehatan tersebut mencuci tanganya dengan air dan menggunakan sarung tangan yang baru, maka tidak masalah. Namun bila petugas kesehatan tersebut menggunakan kembali sarung tangan bekas yang tadi, sebaiknya Anda menanyakannya sebelum petugas kesehatan tersebut mengambil darah Anda.Karena bisa ada darah odha yang terciprat dan menyebabkan Hiv". Apakah ini benar dok ? saya takut ketika tes bukannya mengetahui kondisi saya tapi malah terkena Hiv ? mohon pencerahannya dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pada dasarnya tes HIV aman dilakukan. Sebuah rumah sakit, klinik, dan laboratorium memiliki standar kebersihan, keamanan, dan keselamatan terutama untuk pasien. Petugas pengambil darah harus mengganti sarung tangan tiap kali selesai mengambil darah dari satu pasien.  Oleh karena itu, anda tidak perlu khwatir berlebih. Lakukan tes di rumah sakit atau laboratoroium yang baik sehingga mutu dan standar pelayanan akan lebih baik.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF

0 Komentar

Belum ada komentar