Sukses

Perbedaan Infeksi Jamur Biasa dan Infeksi Jamur Gejala HIV

13 Nov 2016, 21:18 WIB
Pria, 19 tahun.

selamat sore dokk .. mau tanya . infeksi jamur mulut biasa . sama infeksi jamur mulut yang terkena virus hiv itu ada perbedaan nya gak dokk .. trimakasih

Halo Atep,

Kami memahami kekhawatiran anda. Tentunya terdapat perbedaan antara infeksi jamur biasa dengan infeksi jamur gejala HIV. Secara klinis atau kasat mata pada penderita HIV tampak bercak putih atau kombinasi bercak putih dan kemerahan yang dapat terjadi di bagian manapun di rongga mulut. Terkadang bercak ini mudah berdarah dan terdapat daerah kemerahan di bawah bercak putih, disertai rasa sakit dan rasa seperti terbakar. Penderita HIV/AIDS umumnya juga mengalami kondisi mulut kering (dry mouth/xerostomia) karena obat-obatan yang dikonsumsi maupun karena penyakitnya itu sendiri.

Mengenai Infeksi jamur biasa atau Oral Candidiasis dibagi 4 macam:

-          Acute Pseudomembranous candidiasis  (Thrust).

-          Acute atrophic candidiasis (Antibiotik sore mouth).

-          Chronic atrophic andidiasis (Denture sore mouth).

-          Chronic hyperplastic candidiasis (Candidal leukoplakia).

Dari masing-masing jenis infeksi jamur kandida tersebut mempunyai gambaran lesi yang berbeda-beda. Untuk menentukan kelainan pada lidah apakah terkait dengan infeksi HIV atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung, anamnesa yang lebih mendalam serta pemeriksaan pendukung jika diperlukan. Konsultasikanlah masalah Anda pada dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut. 

Untuk menambah wawasan anda, baca selengkapnya artikel terkait:

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar