Sukses

Cara Mengonsumsi Pil KB

12 Nov 2016, 16:53 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya baru menggunakan pil kb pertama kali. saya memulai dengan meminum pil berisi hormon dok saat haid hari kedua. apakah pemakaian tersebut dapat dikatakan salah dan tidak berhasil? Untuk pemakaian selanjutnya lebih baik mulai dari awal lagi, dengan meminum tablet kosong saat haid pertama atau tetap melanjutkan, setelah pemakain saya beri jeda 7 hari, lalu memulai pil yang berisi hormon? terima kasih dok sebelumnya

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Merek Pil KB Yang Anda gunakan memiliki 2 jenis pil KB, Pil KB berisi hormon bisa kombinasi estrogen atau progesteron atau progesteron saja. Jenis pil KB yang mana yang Anda maksud?

Jika anda menginginkan efek seperti memperhalus kulit dan membantu menghilangkan jerawat, umumnya efek tersebut dapat diperoleh dari pil kombinasi. Pil berisi 21 atau 28 sebenarnya sama saja. Karena jika pil berisi 21, seluruh pilnya berisi hormon. Pada yang berisi 28, 21 berisi hormon dan 7 berisi plasebo (hanya berisi tepung dan gula). Jadi tidak ada bedanya. Jika ini adalah pertama kalinya anda menggunakan pil KB, dapat mulai digunakan :

  • Setiap saat selagi haid
  • Hari 1-7 siklus haid
  • Boleh menggunakan pada hari ke 8 tapi harus menggunakan metode kontrasepsi lain seperti kondom mulai hari 8-14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai menghabiskan paket pil tersebut
  • Intinya dapat dimulai setiap saat asal yakin tidak sedang hamil, makanya perlu melakukan seperti 3 poin diatas
  • Jika pindah dari kontrasepsi hormon lain (misal kb suntik), pil dapat langsung digunakan tanpa perlu menunggu haid
  • setelah melahirkan :
    • Setelah 6 bulan ASI esklusif
    • Setealh 3 bulan jika tidak menyusui
    • Paska keguguran (segera / dalam waktu 7 hari)

Untuk aturan minum, ikutilah petunjuk yang tertera pada kemasannya. Akan tetapi, yang terbaik memang dimulai pada saat anda sedang haid (sesuaikan dengan harinya) karena saat itu anda pasti sedang tidak hamil. padayang berisi 28 pil, pil digunakan terus menerus. Pada yang 21 pil, setelah pil ke 21, beri jeda 7 hari sebelum meminum pil KB kembali. Jika ini pertama kali menggunakan Kb hormonal, sebaiknya 5-7 hari pertama gunakan pelindung tambahan (kondom).

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

Pil KB diminum setiap hari, sebaiknya diminum pada waktu yang sama agar tidak lupa. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar