Sukses

Sulit Meningkatkan Berat Badan Pasca Flek Paru

12 Nov 2016, 10:58 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, berat badan saya ko susah naik sehabis saya terkena flek paru"? cara menaikan berat badan saya itu gimana ya dok? soalnya saya sudah hampir 2tahun berat badan saya cuma di kisaran 48-50 kg? terimaksih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama-tama, adalah hal yang umum ditemukan apabila terjadi turun berat badan saat mengalami penyakit kronik seperti TB paru, karena memang khas disertai gejala penurunan berat badan akibat proses penyakit disertai kurangnya nafsu makan yang muncul pada penyakit kronik seperti ini. Kami ucapkan selamat bila Anda telah sembuh dari penyakit ini. Saat ini fokus Anda berarti adalah upaya untuk meningkatkan berat badan.

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi asupan energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan). Adapun bila Anda sulit BAB saat menambah makanan, berati masalahnya dalah Anda kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat (buah, sayur) serta minum air putih yang cukup. Tingkatkanlah porsi makan Anda, disertai pula asupan serat dan cairan agar tidak terdapat sulit BAB.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Istirahat yang cukup 

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar