Sukses

Apakah Diabetes Mempengaruhi Kepala dan Leher Bengkak?

18 Nov 2016, 09:53 WIB
Pria, 36 tahun.

salam Dokter saya penderita diabetes. dalam 3 minggu ini saya alami masalah di pangkal rahang kanan sampe ke kepala. Setiap makan apapun, rahang kanan saya terasa sangat ngilu dan sakitnya sampai ke kepala sebelah kanan. setelah itu tidak sakit lagi, dana makanpun kembali normal. artinya, saya hanya merasakan itu di awal makan saja. Dalam kondisi biasa (tidak sedang makan) pipi saya tepat di depan telinga, apabila disentuh, terasa panas, sedikit bengkak, dan sakit. hal serupa juga akan terasa pada saat saya mneyentuh bagian luar pangkal rahang kanan, tepatnya di bawah bagian belakang telinga. saat ini juga, saya merasa leher hingga kepala sebelah kanan sedang membengkak. Pertanyaannya, apa yang sedang terjadi dengan saya Dokter ? Apakah ada hubungan dengan diabetes yg saya alami sejak tahun 2012 lalu ? Mohon penjelasannya Dokter ?

Halo Sukri,

Kami memahami keadaan yang anda alami.  Sebelumnya kami ingin menanyakan apakah dalam 3 minggu ini gula darah anda terkontrol diantara 70 – 120 mg/dL ? Jika dalam 3 minggu gula darah dalam keadaan terkontrol dan tidak ada perubahan kadar gula darah dalam pemeriksaan gula darah sewaktu dan puasa, maka kemungkinan keadaan sakit di depan telinga ini tidak ada hubungannya dengan kondisi diabetes anda. Jika dilihat dari gejala yang anda berikan bahwa di depan telinga, apabila disentuh, sakit, terasa panas, sedikit bengkak, dan juga gejala di bawah bagian belakang telinga dan leher hingga kepala sebelah kanan sedang membengkak ada beberapa kemungkinan. Sebelumnya kami ingin menanyakan apakah ada sakit dan rasa tidak nyaman juga pada telinga, kemampuan pendengaran menurun, terjadi bengkak dan merah juga pada telinga? Jika tidak, kemungkinan dugaan kami anda mengalami gangguan pada TMJ atau sendi rahang. Namun jika iya, dugaan kami anda mengalami infeksi pada tonjolan tulang di belakang telinga atau matoiditis.

Untuk memastikan gejala yang terjadi pada anda, sebaiknya periksakan keadaan anda pada dokter THT atau dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat segera ditangani mengingat keluhan yang terjadi pada anda sudah masuk dalam minggu ke-3.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter Klikdokter.com.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar