Sukses

Usia Kehamilan 37 Minggu, Posisi Kepala Janin Masih di Atas

11 Nov 2016, 23:37 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya mau tanya kenapah setiap saya periksa kepala bayi selalu posisi masih berada di atas dan kemarin sempat di USG udah masuk 37 minggu dan kata dokternya pun mengatan kepala masih posisi keatas belum turun kebawah pinggul dok? terus apa yang bisa saya lakukan biar posisinya bisa membalik secara normal ya dok. soalnya ini anak pertama saya dok?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Kehamilan sungsang atau posisi sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas. Kehamilan sungsang didiagnosis melalui bantuan ultrasonografi. Kehamilan sungsang dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain:

  • kelahiran kembar

  • multiparitas (persalinan > 3x)

  • plasenta previa (plasenta menutupi jalan lahir)

  • cairan amniotik (ketuban) yang berlebihan

  • hidrosefalus (kepala janin berisikan cairan berlebih)

  • anensefali (janin tidak memiliki tengkorak kepala)

  • ari-ari yang pendek

  • kelainan rahim

 

Sekitar 3-4% bayi berada dalam posisi ini ketika lahir. Dalam persalinan prematur, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang lebih tinggi. Pada umur kehamilan 28 minggu, kemungkinan bayi berada dalam posisi sungsang adalah 25%. Angka tersebut akan turun seiring dengan umur kehamilan mendekati 40 minggu. Pada usia 30 minggu, bila janin Anda termasuk aktif maka terdapat kemungkinan untuk posisinya berubah dari posisi kepala di bawah menjadi sungsang. Dan masih terdapat kemungkinan untuk kembali lagi ke posisi kepala di bawah. Namun semakin besar janin maka akan semakin sulit baginya untuk merubah posisi tubuh karena ruang gerak yang sudah semakin sempit.

 

Mengungat usia kehamilan Anda sudah memasuki 37 minggu maka sulit untuk posisi kepala janin berubah. Jika sudah memasuki usia kehamilan 36-38 minggu cara yang dapat dilakukan ialah dengan external cephalic version (ECV).  Versi luar adalah cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke dalam posisi kepala secara manual dari luar oleh tenaga ahli (dokter). Namun versi luar ini memiliki risiko komplikasi diantaranya adalah janin terlilit tali pusar atau terjadi gawat janin ketika sedang dilakukan versi luar.

 

Cara lain ialah dengan melakukan senam hamil dan rajin melakukan posisi nungging , namun kemungkinan pada kasus Anda sangat kecil karena ruang gera janin sudah sempit

 

Jika hingga usia 40 minggu  atau mendekati hari perkiraan lahir kepala janin masih di atas, maka seringkali persalinan dilakukan dengan cara operasi caesar. Memang pada beberapa kondisi masih dapat dilakukan persalinan normal,namun risiko terhdapa janin jauh lebih besar.

 

kami sarankan Anda berkonsultasi dan berdiskusi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda.

 

semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar