Sukses

Nyeri Dada Kiri dan Sering Cegukan

11 Nov 2016, 22:56 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok, saya sering mengalami sakit dibagian dada kiri saya dan terasa dijantung saya seperti ditusuk dan di remas. itu biasa terjadi tiba2 dan setelah itu hilang. dan saya juga saat ini mengalami kelainan seperti cegukan tetapi bukan dok, kelainan ini saya sudah alami hampir 3 tahun. diawal saya mengalami saya sempat konsultasi ke dokter penyakit dalam, namun saya hanya diberi obat katanya kalau diminum nanti bakal berhenti sendiri dan disuruh banyak minum air putih. namum setelah sy konsumsi obatnya sampai habis sampai saat ini saya masih seperti cegukan. itu kenapa ya dok? dan kalau saya terlalu lama seperti cegukan itu rongga dada saya terasa menyempit dan membuat saya susah bernafas. itu bagaimana ya dok? mohon bantuannya. terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan nyeri dada kiri dapat disebabkan oeh banyak hal seperti gangguan otot, paru-paru, jantung dan lambung bahkan dapat pula merupakan gejala psikosomatis.

Berdasarkan keluhan Anda yaitu nyeri dada kiri disertai cegukan lebih mengarah disebabkan oleh gangguan di lambung.

Peningkatan asam lambung biasanya dapat menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya.

Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya. 

Bila benar terdiagnosa dengan GERD, obat yang dikonsumsi misalnya golongan PPI ataupun H2 blocker paling tidak dikonsumsi selama 4 minggu, kemudian dilakukan evaluasi keberhasilan pengobatan. 

Pengobatan GERD meliputi banyak hal. Yang utama dan terpenting adalah perubahan gaya hidup:

  • Obesitas dan kelebihan berat badan adalah lebih cenderung menderita dari GERD dan gejala terkait. Berat pengurangan sering membantu dalam mengurangi gejala GERD.

  • Perokok adalah pada risiko yang lebih tinggi GERD. Berhenti penggunaan tembakau membantu pasien dengan GERD.

  • Pasien y dianjurkan untuk makan lebih kecil dan lebih sering makanan daripada makan besar tiga kali sehari. Makanan terakhir hari harus diambil minimal 4 jam sebelum tidur. Berbaring segera setelah makan dapat memperburuk gejala GERD.

  • Makanan dan minuman lain memicu termasuk alkohol, kopi, cokelat, tomat, atau makanan berlemak atau pedas. Ini harus dihindari.

  • Menghindari mengenakan pakaian ketat terutama di sekitar perut juga meningkatkan gejala GERD.

  • Meningkatkan ujung kepala tempat tidur oleh sekitar 20 cm (8 inci) dengan menempatkan irisan atau blok di bawah ini akan membantu untuk mengurangi gejala GERD. Bantal tambahan tidak disarankan sebagai mereka meningkatkan tekanan atas perut.

  • Pasien pada obat-obatan yang meningkatkan risiko GERD disarankan untuk menghentikan obat atau disarankan asam menetralisir atau mengurangi obat dalam hubungannya. Ini menyinggung obat meliputi:

    • nitrat

    • anti-cholinergics

    • antidepresan tricyclic

    • NSAID (Ibuprofen)

    • kalium garam dan bosphosphonates seperti alendronate

 

 

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Cegukan umumnya akan menghilang dengan sendirinya. Cegukan seringkali terjadi karena makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau gangguan keseimbangan elektrolit. Cegukan juga dapat terjadi karena gangguan medis lainnya.

Untuk menghentikan kecegukan bisa dilakukan tindakan berikut:

  1. Menahan napas, karena dengan menahan nafas maka kadar karbondioksida di dalam darah meningkat, sehingga kecegukan berhenti.

  2. Bernapas di dalam kantong kertas.

Cobalah hindari penyebab umum cegukan, dan lakukan tips untuk menghentikan cegukan di atas. 

Cobalah untuk melakukan beberapa tips perubahan gaya hidup di atas. Dengan mengobati gangguan pada lambung diharapkan keluhannyeri dada dan cegukan dapat berkurang. Namun, untuk memastikan diagnosis keluhan Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam.

 

semoga bermanfaat

salam

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar