Sukses

Kelainan Jantung Anak Membuat Pertumbuhan Gigi Terlambat?

11 Nov 2016, 16:43 WIB
Wanita, 33 tahun.

Dokter anak saya usia 13bulan,dia memiliki kelainan jantung VSD insaAllah dalam waktu dekat ini akan di oprasi. Yg saya tanyakan soal tumbuh kembang nya terutama giginya. Apakah normal usia 13bulan dgn kelainan jantung giginya belum tumbuh. Untuk bicara nya dia normal tp usia 13bln dia bia duduk,dia memiliki keinginan untuk berdiri tp saat dia mencoba berdiri dia blm kuat.

Halo Yeni,

Kami memahami keadaan yang anda alami. Berdasarkan keterangan yang anda berikan mengenai gigi anak anda usia 13 bulan belum tumbuh gigi. Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai pertumbuhan gigi susu. Waktu pertumbuhan gigi susu/sulung pada anak sebetulnya bervariasi dan dipengaruhi terutama oleh faktor genetik. Rata-rata, bayi yang normal saat berusia 12 bulan keenam gigi depannya sudah tumbuh, namun ini tidak menjadi patokan dan bukan berarti bila belum tumbuh maka berarti anak tidak normal. Status gizi ibu saat hamil dan gizi anak setelah lahir juga turut mempengaruhi, selain itu ada juga penyakit-penyakit berat yang diderita ibu saat hamil yang menyebabkan gangguan tumbuh-kembang gigi anak. Meski presentase kejadiannya tidak begitu besar, penundaan pertumbuhan gigi sulung juga dapat disebabkan karena kondisi yang diderita anak, misalnya hipopituitari (gangguan fungsi kelenjar hipofisis), atau hipotiroidisme. Bisa juga benih gigi memang tidak ada karena gangguan tumbuh kembang. Namun dalam kasus anak anda dimana terdapat kelainan jantung VSD, sebenarnya tidak mempengaruhi pertumbuhan gigi anak. Apalagi jika dilihat perkembangan lainnya misal kemampuan berbicara dan aktivitas geraknya dia bisa duduk, kemungkinan yang dialami anak anda adalah keterlambatan dalam pertumbuhan gigi. Lakukan rontgen panoramic agar dapat terlihat ada tidaknya benih gigi susu.

Agar gigi anak bisa cepat tumbuh, dapat juga memperhatikan hal berikut :

Bagaimana dengan pola makan anak selama ini?Jika anak Anda terbiasa diberi makanan yang lunak, coba mulai berikan makanan yang lebih bervariasi dan sedikit demi sedikit dibiasakan makan makanan yang lebih keras. Misalnya kalau selama ini hanya diberi biskuit bayi, bisa mulai diberi bubur yang diblender dicampur dengan sayur-sayuran dan daging. Pada intinya makanan yang lunak kurang menstimulasi pertumbuhan gigi dan tulang rahang pada anak, justru harus dibiasakan makanan yang sedikit keras. Boleh juga dibantu dengan mainan anak yang bisa digigit-gigit, tentunya dengan memperhatikan kebersihan mainannya dan harus sering dibersihkan.

Jika masih belum ada tanda-tanda sama sekali akan tumbuhnya gigi sulung anak Anda (garis putih di gusi yang agak keras saat diraba,anak rewel sering menangis dan menggigit-gigit benda apapun, dan terkadang disertai demam), ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg. Sp.KGA) dan melakukan foto rontgen panoramic agar dapat dilihat apakah benih gigi susu tersebut ada atau tidak. Dengan pemeriksaan secara klinis dan wawancara yang lebih mendalam mengenai hal tersebut kemungkinan dapat diketahui apakah kondisi ini  normal atau ada kelainan tertentu yang harus segera diatasi.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar