Sukses

Pertanyaan Seputar Infeksi HIV

10 Nov 2016, 04:08 WIB
Wanita, 29 tahun.

Mengenai hiv/aids 1. Apakah ruam2nya itu hilang timbul? dan bisakah hanya sperti bintik merah gatal yg hilang timbul di lokasi berbeda2? 2. Lidah ada yg berwarna putih keruh tp tidak ada sariawannya apakah termasuk gejala? 3. Jika test darah lengkap (tidak test hiv) , test urin dan test jantung hasilnya normal semua , apakah masih ttp bisa terindikasi hiv/aids? 4. Jika saat tattoo , jarumnya tidak diganti tp dibersihkan dg air dan di elap , apa ttp bisa menularkan? 5. Sakit kepala yg seperti apa yg termasuk gejala hiv? - Saya sering mengeluh sakit tp setiap ke dokter hasilnya sll normal. - Kadang2 tubuh terasa lemas, utk sedikit aktifitas saja rasanya capek,, tp srg aktivitas berat pun biasa2 aja. Profesi saya dancer. - Kadang sendi2 terasa ngilu - Badan srg gatal2 - TB/BB : 157cm/41kg - Susah sekali menaikkan berat badan - Belom pernah test hiv Tmn dekat saya mengidap hiv , saya jadi merasa sgt takut dok :(

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

1. Ruam kulit yang umumnya timbul pada infeksi HIV dapat beberapa macam, salah satunya adalah Kaposi's sarcoma. Ruam tersebut dapat hilang timbul ataupun menetap, untuk gambar lebih jelasnya dapat Anda coba cari dan bandingkan dari beberapa situs.

2. Lidah berwarna putih keruh bukan merupakan tanda spesifik untuk infeksi HIV, dan dapat berupa manifestasi dari berbagai macam penyakit.

3. Untuk mendiagnosis infeksi HIV, perlu melakukan pemeriksaan laboratorium yang spesifik untuk mendeteksi adanya antibodi HIV atau tidak dalam tubuh individu tersebut. Karena infeksi HIV pada fase laten umumnya tanpa gejala, hasil pemeriksaan laboratorium yang baik belum tentu berarti seseorang tidak menderita HIV.

4. Sebaiknya, jarum yang digunakan harus steril dan belum digunakan oleh orang lain sebelumnya, untuk mencegah terjadinya penularan infeksi.

5. Nyeri kepala yang timbul pada infeksi HIV dapat berbagai macam, dan dapat timbul ataupun tidak. Nyeri kepala bukan merupakan gejala yang spesifik pada HIV.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, satu-satunya cara untuk mengetahui seseorang tertular infeksi HIV atau tidak adalah dari pemeriksaan laboratorium. Apakah Anda merasa memiliki faktor risiko tertentu untuk tertular infeksi HIV? Bila Anda merasa memiliki faktor risiko tertentu, kami menyarankan untuk memeriksakan diri. Bila hasilnya negatif, Anda dapat memeriksakan diri lagi setelah 6 bulan untuk memastikan ulang. Bila hasilnya positif, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Medis KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar