Sukses

Penebalan Rahim (Hiperplasia Endometrium)
09 Nov 2016, 15:57 WIB
Wanita, 31 tahun.

Saya mau tanya, sudah hampir 2 bulan tidak mengalami haid. Hasil test pack menunjukkan negatif. tetapi setelah USG ada gumpalan yg terdapat pada rahim? apa penyebabnya ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Dari deskripsi singkat Anda, sepertinya Anda mengalami yang disebut dengan hiperplasia endometrium (HE). Hiperplasia endometrium dapat terjadi pada wanita dari segala usia. Kondisi ini disebabkan oleh penebalan dinding rahim akibat pertumbuhan sel yang berlebihan. Beberapa ahli mengatakan kondisi ini merupakan kondisi pre-kanker atau prekursor dari kanker rahim. Kadang-kadang, area yang mengalami hiperplasia (pertumbuhan berlebih) dapat kembali normal tanpa atau dengan pengobatan. Untuk usia Anda, memang biasanya diberikan terapi hormon yang berisi estrogen-progestin yang diminum selama 3-6 bulan. Tujuannya untuk menstimulasi siklus haid yang teratur. Sampel jaringan biasanya diambil setelah 3 bulan untuk melihat perubahan setelah terapi. 

Gumpalan pada rahim bisa juga merupakan gumpalan darah yang membeku. Untuk mengkonfirmasi apa sebenarnya gumpalan tersebut perlu konsultasi lanjutan dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar