Sukses

Sesak Nafas dan Sakit Dada saat Bangun Tidur

10 Nov 2016, 08:06 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok, saya mau tanya. Kenapa 2 tahun ini berat badan selalu 45 kg tidak pernah turun dan naik. Disamping itu saya juga suka merasakan kesulitan nafas dan pada saat bangun tidur dada serasa ditusuk. Mohom pencerahannya dok

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Terkait berat badan Anda yang stagnan, terdapat beberapa kemungkinan, (1) jumlah kalori yang masuk melalui konsumsi makanan = jumlah kalori yang keluar melalui keringat, aktivitas, dan yang lainnya, (2) Anda merasa makan berlebih namun BB tetap, (3) Anda merasa makan kurang namun BB tetap. Yang manakah yang Anda maksud? Sebab untuk penyebab no 2 dan 3 umumnya terdapat kondisi yang mendasari.

Terkait keluhan kedua mengenai sulit bernafas dan dada serasa ditusuk saat bangun tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal:

  • Penyebab yang tidak perlu dicemaskan yaitu sindrom nyeri myofasial (terdapat titik-titik pada otot dada yang memicu rasa nyeri dan sesak nafas, cara bernafas yang salah dan kelemahan otot pernafasan, dan kecemasan. Penyebab-penyebab ini umumnya bisa sembuh sendiri.
  • Penyebab yang lebih serius dan  memerlukan perhatian yaitu bila sesak nafas terjadi akibat anemia, asma, penyakit jantung dan penyakit paru.

Untuk menentukan penyebab pastinya perlu pemeriksaan dan wawancara mendalam oleh dokter secara langsung. Bila perlu dilakukan pemeriksaan darah dan rontgen dada.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar