Sukses

Nafas Grok-grok pada Bayi, Alergikah?

09 Nov 2016, 14:05 WIB
Wanita, 28 tahun.

Ass Dokter sy mw tanya. Bayi saya memiliki nafas grok grok grok seperti sedang pilek. Grok grok grok nya itu spt hidung tersumbat yg kadang2 spt nyumbat hidung shg susah nafas. Kata dr anak nya waktu dy tak priksakan itu alergi debu. Jd ga boleh pke bedak.tp stlah bedakny tak hentikan kok tetep ya dok nafasnya.ap bnar itu alergi dok?soalny ad yg bilang tmn sy itu sisa air ketuban yg blm keluar.jd harus rajin2 dijemur.lha saya jemurnya tiap hari tp kok ttp ya dok? Sbnrnya apa itu? Apa g cocok susu?sy pakenyq bmt platinum soale.bukan php atopun soya.

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Bunyi "grok" yang berasal dari saluran nafas bayi dapat menunjukkan adanya cairan atau lendir pada paru-pari bayi. Paru-paru memang juga menghasilkan lendir. Bunyi muncul karena produksi lendir meningkat padahal belum bisa mengeluarkannya sendiri, karena refleks batuknya belum bekerja dengan baik.

Produksi lendir meningkat pada umumnya dialami oleh bayi yang memiliki bakat alergi dimana produksi meningkat karena terpapar oleh alergen. Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gejala dari alergi ini.

Penyebab lain adalah infeksi virus pada bayi. Namun umumnya kalau ada infeksi biasanya disertai demam dan bayi lebih tidak mau menyusu. 

Bila bayi mengkonsumsi susu formula, ada kemungkinan bunyi "grok" tersebut merupakan reaksi dari alergi susu formula yang mengandung protein sapi. Bunyi ini tidak ada hubungannya dengan sisa air ketuban saat hamil.

Sebaiknya, periksakan bayi Anda kepada dokter anak agar diketahui penyebab sesungguhnya. Tentunya kalau nafasnya terganggu, bayi juga lebih tidak mau menyusu. Ini akan membuat BB-nya sulit naik nantinya. Sementara ini, bisa teteskan larutan garam (nasal drops) di kedua lubang hidung bayi Anda agar lendir mudah keluar dan bayi dapat bernafas lebih lega.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar