Sukses

Gatal Berair di Lipat Paha/Selangkangan

09 Nov 2016, 13:24 WIB
Pria, 19 tahun.

selamat malamm dokk .. dalamm dua bulan yang lalu saya suka mengkonsumsi obat batuk dalamm dosiss yangg banyakk . dan sekarang saya mengalami kelainan pada kulit bagian selengkang bagian kemaluan gatal gatal berair tanpa rasa nyeri ataupun perih . dan pada bagian tangan jari gatal gtal berair dan keluar nanah .. apakah itu pengaruhh obat dokk? trimakasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Konsumsi obat batuk berlebihan jarang sekali menyebabkan kelainan pada kulit. Kalaupun terjadi reaksi alergi terhadap obat yang dikonsumsi seharusnya terjadi dalam 1x24 jam setelah konsumsi terakhir.

Kelainan kulit yang Anda alami sepertinya merupakan kondisi tersendiri yang tidak berhubungan dengan konsumsi obat batuk. Gatal-gatal berair pada area selangkangan dan jari-jari tangan bisa berhubungan. Bila berhubungan, pasti terdapat infeksi. Sebab infeksi menular. Seperti yang Anda katakan, terdapat nanah, artinya ini sangat mungkin disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Untuk sementara, hindari menggaruk daerah-daerah yang gatal sebab jari Anda dapat menularkan infeksi yang ada di jari-jari tangan. Bila ingin menggaruk, gunakan sarung tangan/handuk dengan cara ditepuk, bukan digosok. Kemudian, gunakan pakaian dalam yang karetnya tidak terlalu menekan area selangkangan. Pakaian Anda pun perlu dicuci terpisah agar tidak menular kepada yang lain.

Untuk mengurangi rasa gatal dapat meminum obat antihistamin seperti cetirizine atau loratadine. 

Infeksi kulit harus dikonfirmasi terlebih dulu dengan dokter kulit. Kelainan kulit perlu pemeriksaan dengan melihat secara langsung yang terjadi agar didapatkan diagnosis yang akurat. Dengan begitu, pengobatan yang diberikan pun jelas dan spesifik untuk kelainan tersebut. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter kulit. Jangan ditunda sebab infeksi akan mudah menyebar ke daerah kulit lainnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar