Sukses

Menghilangkan Bekas Luka Coklat

10 Nov 2016, 04:52 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter. Saya punya bekas luka di betis yang berwarna kecoklatan. Penyebabnya sewaktu kulit saya terasa gatal, saya garuk dan akhirnya luka. Lukanya ketika kering meninggalkan bekas berwarna kecoklatan yang susah hilang. Bagaimana cara menghilangkan bekas tsb, dokter? Saya sudah pakai salep yang diiklankan di tv tetapi blum menunjukkan hasil. Apakah pola hidup yang tidak sehat berpengaruh thdp kulit saya, dokter? Karna dlu waktu saya masih kurus (skrg saya kelebihan berat badan, tinggi 153 cm, berat 60kg) walaupun kulit saya luka, bekasnya bisa cepat hilang.

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Luka seperti apa yang pernah Anda alami dulu? Apakah lukanya dalam? Apakah muncul keloid di wajah? Hal tersebut sangat bergantung pada bekas luka yang terjadi, apakah berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung terhadap bekas luka Anda untuk penentuan jenis, luas bekas luka, kedalaman dan sifat serta lamanya. Dengan demikian pilihan penanganan yang diambil juga tepat dan sesuai serta efektif.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar