Sukses

Sedikit Makan Tapi Sulit Kurus

08 Nov 2016, 20:25 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang, dok. Saya ingin bertanya perihal masalah berat badan yang terjadi pada teman saya. Dia laki-laki 19th dan mengalami masalah kegemukan bbrp thn terakhir.. Kondisi nya saat ini makin bertambah gemuk, penampilannya jadi spt bukan 19th, padahal aktivitas yang dijalankan saat ini amatlah banyak dibanding dulu dan skrg juga tdk terlalu banyak makan spt dulu.. Tapi, kenapa susah sekali untuk kurus ya dok? Faktor apa saya yg mempengaruhi sehingga sulit sekali utk kurus? Mohon dibantu penjelasannya mengenai masalah ini.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Selain asupan kalori berat badan dapat diepngaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor keturunan, aktivitas fisik maupun tingkat stress. Untuk itu ada beberapa orang yang sangat sulit menurunkan berat badan maupun dia berusaha untuk mengurangi jumalah asupan makanan 

Berikut ini adalah strategi sehat dan sederhana yang disusun oleh Ashley Koff, penulis Mom Energy. Ia percaya bahwa untuk menurunkan berat badan seseorang harus makan jumlah nutrisi yang benar pada setiap waktu makan, yaitu tiga kali porsi makan dan satu kali cemilan sehari.

1. Sarapan! Pastikan rekan Anda mengkonsumsi makanan dalam waktu 45 menit setelah ia bangun. Hal ini penting karena ketika bangun tidur, tingkat metabolisme tubuh rendah sampai ketika orang tersebut makan. Apabila ia memasukkan makanan ke dalam tubuh, maka metabolisme akan meningkat sehingga dapat membakar lemak. Sebagai penutup hari, usahakan makan terakhir paling lambat 3 jam sebelum tidur. Hal ini untuk memastikan bahwa tubuh sudah selesai mencerna makanan sebelum Anda tidur.

2. Makan sering Selama diet, camilan diperbolehkan, tetapi tentunya camilan yang sifatnya sehat dan tinggi serat seperti buah dan sayur. Saat diet, penting bagi Anda untuk tidak merasa kelaparan, karena ketika kelaparan metabolisme tubuh akan menurun. Hal ini terjadi karena tubuh berpikir ia sedang kelaparan sehingga ia menyimpan makanan menjadi cadangan energi. Oleh sebab itu, makanlah setiap 3-4 jam untuk memastikan tubuh bekerja di tingkat optimal dalam mengolah makanan menjadi energi dan bukan disimpan menjadi lemak.

3. Jaga porsi Makan dalam porsi yang normal adalah kunci dalam menurunkan berat badan. Hindari makan dalam porsi yang berlebih dan sebisa mungkin takarlah makanan setiap kali makan. Hindari menyimpan makanan dengan porsi yang besar di rumah, seperti porsi es krim ukuran keluarga (family pack). Apabila rekan Anda membeli es krim atau camilan lain, belilah dalam ukuran kecil, sedapat mungkin yang terkecil sehingga Anda mengontrol porsi yang dimakan.

4. Minum banyak air putih Selain membantu Anda merasa kenyang, air putih membantu metabolisme tetap lancar. Jangan tunggu hingga merasa haus untuk minum karena ketika timbul rasa haus sebenarnya ia sudah mengalami dehidrasi ringan. Minumlah 300 ml air ketika bangun pagi.Sepanjang hari usahakan meminum total sebanyak 8 hingga 10 gelas air putih. Menambahkan potongan buah lemon dapat membantu menambahkan rasa bagi Anda yang tidak terlalu suka minum air putih.

5. Kembali ke alam Semakin sedikit proses yang dialami oleh bahan makanan, maka semakin bagus kandungan nutrisinya. Hindari makanan dengan minyak hidrogenasi dan gula tinggi fruktosa seperti makanan fast food dan makanan instan. Sedapat mungkin makanlah makanan segar yang tidak melewati banyak proses yang justru menghilangkan hampir seluruh kandungan nutrisinya.

6. Jangan putus asa Lalai dalam menjaga makanan? Ada jamuan atau rapat dengan tamu penting yang menyajikan makanan tinggi kalori dan tidak dapat di tolak? Tidak perlu menyerah dan merasa gagal. Kegagalan sesekali adalah hal yang wajar, tetapi jangan jadikan ini batu sandungan. Tetap lanjutkan diet dengan semangat baru esok hari. Tembok Cina tidak dibangun dalam semalam, jadi janganlah putus asa apabila diet Anda belum dapat menjadi kebiasaan dalam waktu yang singkat. Tetaplah berusaha dan yakin bahwa Anda dapat mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Selain itu lakukan aktivitas fisik seperti berjalan 30 menit sehari secara rutin untuk membantu mengurangi berat badan teman Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar