Sukses

Benjolan Pecah di Anus

08 Nov 2016, 12:15 WIB
Pria, 25 tahun.

dok, saya di sekitar anus saya muncul benjolan beberapa hari kemudian pecah apakah ini wasir eksternal atau abses perianal ? perawatan yg saya lakukan saat ini adalah redam duduk setiap mandi, kompres rivanol dan salep antiseptik terima kasih :)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.Com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah benjolan di anus dan pecah. 

Kemungkinan keluhan Anda bisa diakibatkan bisul atau abses perianal. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

 

Sedangkan abses perianal disebabkan kelenjar di sekitar anus terinfeksi oleh bakteri sehingga menyebabkan timbunan nanah atau yang disebut dengan abses. Tampilannya dapat berupa benjolan yang nyeri, merah , nyeri tekan, dan dapat disertai gejala umum seperti demam. Apakah Anda mengalami hal tersebut? Untuk mengatasinya perlu dilakukan sayatan pada abses dan pengaliran nanah didalamnya (drainage). Selain itu dibutuhkan juga terapi antibiotik.

Penanganan Anda untuk sementara sudah baik, namun jika memang bisul jangan terlalu sering rendam duduk karena akan menambah lembab. Obat untuk penanganan bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali. Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam. 

Namun ini hanya dugaan sementara saja, untuk dapat memastikan keluhan Anda kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar