Sukses

Pasata Gigi Sebagai Pembersih Vagina

04 Nov 2016, 19:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok . saya pernah konsul ke bidan untuk pembersih miss v katanya lebih baik menggunakan pasta gigi ,benar atau ga dok?

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Bahan aktif dalam pasta misalnya fluoride (mencegah kerusakan gigi), Tetra Natrium pirofosfat(bahan Anti-tartar), Natrium bikarbonat (menetralkan keasaman mulut dan sedikit memutihkan), triclosan atau xylitol( Bahan Anti-bakteri), Bahan untuk menurunkan sensitifitas gigi (Kalium nitrat, Strontium khlorida, Kalium sitrat), dan hydrogen peroxida( membersihkan dan memutihkan)

Sedangkan bahan-bahan tidak aktif seperti: Natrium Lauryl Sulfat dan Ammonium Lauryl Sulfat ( bahan pembuat buih), Alginat atau Xanthan (Bahan pengikat), Natrium benzoat atau Ethyl paraben (Bahan pengawet), bahan pelembab (air, sorbitol atau gliserin), Flavor (bahan perasa, mint merupakan bahan yang paling sering dipakai), Saccharine (bahan pemanis), bahan pewarna (titanium Dioxid), dan bahan-bahan lainnya seperti vitamin, herbal, dan lain-lain.

Kemudian kita harus mengingat kembali bahwa kondisi keasaman (PH) vagina berkisar antara 4 - 5.5 (sedikit asam). Keasaman ini dihasilkan oleh aktifitas bakteri vagina yang memcah glikogen pada sel-sel pelapis dinding vagina, menjadi asam laktat. Kondisi asam ini berguna buat melawan kuman atau parasit yang masuk ke dalam vagina.

Karena sifat pasta gigi yang basa (alkali) maka tentu saja pemakaiannya buat "mencuci" kurang menguntungkan, karena kan merubah PH alami vagina menjadi basa. Yang akan membuat vagina mudah terinfeksi. Demikian juga dengan pemakaian sabun mandi. Suatu penelitian dengan berbagai sabun untuk mencuci genitalia (wanita) akan menyebabkan timbulnya radang pada saluran kencing (urethritis, cystitis, pyelonephritis dan infeksi lainnya pada saluran pipis).

Untuk itu kami sarankan agar Anda tidak menggunakan pasta gigi sebagai pembersih kemaluan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar