Sukses

Kolesterol di Hati, Susu Fullcream, Ingin Gemuk, Tidak Ada Nafsu Makan

05 Nov 2016, 13:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang dokter. Saya ingin konsultasi. saya memiliki masalah dengan pola makan. Saya tidak bisa memakan makanan dengan porsi banyak dan perut saya tidak mampu memakan begitu banyak, alhasil bila saya makan banyak, perut saya mual dan ingin muntah. Saya sudah mencoba, untuk lebih sering makan sampai 5x makan dalam sehari dalam jumlah porsi yg tidak banyak. Tetapi tetap saja, saya tidak bisa makan dala am pola 5x tersebut, selera makan saya jadi hilang. Sekarang ini, saya mengkonsumsi susu dancaw full cream. Dalam sehari saya sanggup minum 5 gelas besar, tapi untuk makan saya tetap sedikit. Saya juga berolahraga fitness. Kadang kadang 1-3 kali dalam seminggu. Alhasil ada kenaikan berat badan. Awal mula berat badan saya 40.6 sekarang menjadi 41 dalam waktu kurang lebih 2 minggu. bbrapa Bulan yg lalu, saya ke dokter, dan dokter mengatakan bahwa saya ada kolesterol di hati. Yang ingin saya tanyakan, apakah susu full cream tersebut dapat meningkatkan kolesterol yang ada di diri saya ? Di sisi lain, saya ingin mendapatkan berat badal ideal. Tapi, saya juga takut apabila berdampak pada kolesterol. Apakah saya berlebihan minum susu tersebut ? Menurut info yg saya baca, bahwa kalau minum susu full cream harus disertai olahrga agar tidak berujung di kolesterol jahat. Menurut dokter, kira kira dalam seminggu, berapa kali saya harus berolahraga dan susu yang saya minum harus berapa gelas (Mengingat kondisi saya yg sangat kurus) ? Saya biasa nya olahraga 1,5 jam dengan angkat beban 10-35 kg (baik kaki atau tangan)

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KliDokter.com

Pada dasarnya, yang menyebabkan berat badan seseorang tidak bertambah adalah karena asupan energi yang lebih rendah dari kebutuhan sebenarnya, sehingga energi cadangan Anda dalam bentuk lemak akan digunakan.

Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).

Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis.

Faktor genetik atau keturunan disebutkan memberikan pengaruh terhadap metabolisme tubuh seseorang, dan secara tidak langsung mempengaruhi berat badan.

 

Apakah yang Anda maksud perlemakan hati (fatty liver) ?

Secara umum, fatty liver dapat disebabkan oleh alkohol, obesitas, diabetes mellitus, konsumsi obat kortikosteroid, hiperlipidemia, dll. Pada fatty liver yang tidak terlalu berat, terkadang tidak dibutuhkan penanganan apapun. Namun, kontrol berat badan, diet rendah lemak dan olah raga terkadang dapat memberikan hasil yang baik dan mengurangi perjalanan perkembangan fatty liver. 

Gejala yang  sering muncul adalah kelemasan, penurunan nafsu makan atau berat badan, kelemahan, mual, sulit konsentrasi, nyeri pada perut kanan atas atau bagian tengah perut, pembesaran hati, dan kelainan pada kulit berupa perubahan warna kulit menjadi kehitaman terutama pada daerah leher atau ketiak. Bila keadaan ini berlanjut dapat muncul gejala berupa tubuh menjadi kuning, pendarahan dalam, serta gagal hati. 

Selama kondisi fatty liver Anda terkontrol, maka tidak ada masalah dengan pekerjaan fisik yang cukup berat. Anda terlebih dulu perlu mengetahui apa yang menyebabkan kondisi fatty liver Anda dan menghindarinya agar tidak terjadi perburukan. Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, dengan:

  1. Makan teratur  dan bergizi (3 makan besar dan 2 selingan)

  2. Istirahat cukup

  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)

  4. Tidak merokok

  5. Jalani hidup dengan santai dan hindari stres

Anda juga perlu menghindari makanan-makanan berikut untuk menjaga kadar lemak dalam darah Anda terkontrol:

  • Hindari makan goreng-gorengan

  • Makanan dengan kandungan tinggi lemak

  • Hindari alkohol

  • Hindari makanan yang akan memperberat penyakit yang menjadi penyebab terjadinya fatty liver pada diri anda

  • Tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan

Bila memang benar Anda mengalami fatty liver maka sebaiknya menghindari/membatasi konsumsi susu fullcream. Anda dapat mengganti sumber lemak yang lebih sehat seperti alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, ikan dan telur. (Baca : Ini Dia Makanan Yang Mengandung Lemak Baik )

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan diagnosis keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar