Sukses

Masih Nyeri Setelah Pasang Ring Jantung

04 Nov 2016, 15:59 WIB
Pria, 65 tahun.

setelah pasang ring jantung satu tempat karena menurut dokter pembuluh lain tdk perlu dipasang,rasanya tdk ada bedanya sama sebelum pasang terutama di nafas masih tetap ngos2an,tindakan apa lagi yg perlu dijalani,apa ada bedanya pasien BPJS dan umum untuk tindakan operasinya termasuk obat2nya terima kasih infonya

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Kemungkinan yang perlu disingkirkan dari keluhan Anda adalah masih adanya gangguan pada suplai pembuluh darah ke jantung. Selain itu, Rasa nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

  • Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

  • Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

  • Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 

  • Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung misalnya jantung berdebar debar, keringat dingin, disertai nyeri yang menjalar ke lengan.

  • Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda? Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti parasetamol atau obat antiinflamasi lain.

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut. Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk memastikannya. Perlu diketahui bahwa umumnya pada orang yang pernah mengalami penyempitan pembuluh darah jantung, umumnya terdapat pula penyempitan pembuluh darah jantung di tempat lain, namun dengan derajat penyempitan yang bervariasi dan memang mungkin belum perlu dilakukan pemasangan ring jantung. Di samping itu, bila serangan jantung sempat terjadi dan otot jantung sempat kekurangan suplai darah akibat pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat sehingga sudah terjadi kerusakan otot jantung, diperlukan pemulihan terhadap otot jantung. Untuk itu,kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh Anda secara langsung.

Mengenai perbedaan tindakan operasi dan obat-obatan, sebenarnya tidak ada perbedaan yang besar. Obat dan prosedur yang digunakan sama, tetapi pada BPJS pemilihan merek obat sudah ditentukan oleh BPJS, sementara pada pasien umum dapat memilih obat jenis sama dengan merek berbeda,.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar