Sukses

Pake Behel Selama 1 Tahun Apakah Sudah Boleh Dilepas?

04 Nov 2016, 21:17 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat mlm dok. Saya menggunakan behel sudah 1 tahun ini (dr juli 2015) kasus gigi atas saya bengkong ke belakang dan dokter sy sekarang menyarankan untuk lepas, tp saya ragu karena takut gigi saya kembali ke bentuk semula karena baru memakai behel 1thn. Apakah menurut dokrter sy sudah bisa lepas behel walau masih 1thn pemakaian ? Dan gigi geraham belakang sy belum tumbuh. Apakah nanti juga akan berpengaruh ketika lepas behel (jadi kebanyakan gigi dan tidak rapi lagi) ? Terima kasih dok

Halo Lilin,

Kami memahami kekhawatiran yang anda alami. Lama perawatan kawat gigi pada setiap orang memang berbeda-beda tergantung dari usia dan perbedaan kepadatan tulang masing-masing. Menggunakan behel dalam jangka waktu 1 tahun memang tergolong sangat cepat namun dalam waktu 1 tahunpun behel sudah bisa dilepas, asalkan sudah menyelesaikan seluruh tahap-tahap perawatannya. Tahap paling terakhir adalah tahap fiksasi tulang yang biasa dilakukan selama 6 bulan menggunakan kawat recta minimal ukuran kawat 0.016x0.016. jika tahap tersebut sudah diselesaikan, gigitan samping tidak ada yang terbuka/open, lengkung gigi sudah sejajar berbentuk parabol, maka behel sudah bisa dilepas.

Mengenai gigi geraham bungsu yang belum tumbuh, sebaiknya anda melakukan foto rontgen untuk melihat posisinya dan lakukan sebelum anda memutuskan untuk melepas behel. Gigi geraham yang tumbuh belakangan dapat mendorong gigi depannya ke arah depan, sehingga susunan dan lengkung gigi terancam untuk berubah dan tidak rapih lagi.

Oleh karena itu, diskusikan kembali dengan dokter gigi anda mengenai hal tersebut agar anda benar-benar yakin dan mendapatkan hasil yang optimal dari perawatan kawat gigi anda.

Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan layanan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar