Sukses

Hasil Periksa Darah Tes Widal

04 Nov 2016, 17:55 WIB
Pria, 36 tahun.

Mlm dok.. Sekitar 2bln yg lalu saya demam tinggi d awali dg diare perut melilit sakit bgt, stlh 3 tepatnya tgl 23/8 hr saya cek widal halnya O:1/160, H:1/80, A dan B negatif....nah skrg saya demam tinggi lg, cm seblmnya d awali nyeri d tangan n kaki sblh kanan kaya kena asam urat gt, cm tdk ada rasa mual ato sakit perut, tgl 3/11 saya cek widal dg hsl O:1/320, H:1/320, A:1/80, B:1/160, mohon analisanya dok..terima kasih?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dalam membaca pemeriksaan widal untuk diagnosis demam tifoid,  akan dinyatakan positif bila terdapat kenaikan titer 4x dari hasil pemeriksaan widal dasar (umumnya diperiksa ulang dalam jangka waktu 1 minggu). Diagnosis demam tifoid juga dapat diprediksi bila tes widal anti/O titer >= 1/160. Hasil pemeriksaan darah Anda menunjukkan adanya peningkatan titer 4x yang artinya saat ini ada kemungkinan mengalami demam tifoid. Namun untuk pemeriksaan diagnosis akut demam tifoid akan lebih baik apabila menggunakan tes tubex dibandingkan dengan widal.

Walaupun keakuratan dari tes Widal belum maksimal, namun hingga saat ini jenis pemeriksaan Widal masih digunakan, karena sifatnya nya yang murah dan cepat. Pemeriksaan dengan IgG dan IgM memang jauh lebih akurat dari pada Widal namun karena harganya yang mahal, maka tidak dapat diterapkan terhadap semua pasien. 

Dari hasil tes widal  Anda memang mengarah ke demam tifoid , namun tentunya kami tidak dapat mematikan diagnosa Anda tanda adanya pemeriksaan fisik secara langsung. Kami sarankan Anda konsultasi kembali  kepada dokter mengenai terapi terbaik yang dapat Anda jalani saat ini sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar