Sukses

Terapi Buta Warna

04 Nov 2016, 00:10 WIB
Pria, 46 tahun.

Dok saya mau tanya saya mau perpanjang sim syaratnya ada surat keterangan dokter trus saya pergi ke dokter yang ditunjuk oleh polisi akhirnya saya test mata dengan banyak titik warna didalam warna itu ada angka tapi saya begitu lihat yang ditampilkan dokter saya gk bisa lihat dan kata dokter saya katanya buta warna yang saya tanyakan apakah buta warna bisa disembuhkan atau ada kaca mata yang bisa buat lihat warna yang di test banyak warna tititk2 itu sulusinya gimana mohon penjelasan terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama, izinkan kami menjelaskan mengenai buta warna. Saraf di retina mata terdiri atas sel batang yang peka terhadap warna hitam dan putih, serta sel kerucut yang peka terhadap warna lainnya. Buta warna terjadi ketika saraf reseptor cahaya di retina mengalami perubahan, terutama sel kerucut. Buta warna merupakan kelainan genetik atau bawaan yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Buta warna juga dapat disebabkan akibat penyakit seperti glaukoma, katarak, diabetes, sklerosis dan efek samping obat-obatan seperti pil kontrasepsi dan anti peradangan.

Untuk buta warna yang disebabkan kelainan genetik atau bawaan tidak ada terapinya, dikarenakan terjadi mutasi gen yang berakibat tidak adanya atau hilangnya sel-sel yang bertugas menerima warna dan meneruskannya ke otak. Sedangkan untuk buta warna yang disebabkan karena penyakit atau efek obat-obatan, dapat disembuhkan apabila pencetus diatasi atau dihilangkan.

Mengenai terapi alternatif, hingga saat ini belum terdapat pengobatan alternatif yang dapat dijadikan standar atau acuan pengobatan medis.

Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan Dokter spesialis Mata, agar dapat ditelaah lebih lanjut jenis buta warna yang dialami, penyebabnya, hingga tata laksana yang optimal. 

 

Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar